Lereng Again…


2 Februari 2007

Waktu itu kami masih bersama, duduk di kelas XII IA 1, tepatnya baru menginjak semester II. Hari itu adalah hari Jum’at. Sesuai dengan rencana, kami akan menggelar acara makan durian bareng alias “Bagadang durian”, namun di siang hari karena waktu itu sedang musim durian, dan rasanya nggak mungkin makan durian barengnya dilakukan pada malamhari.

Setelah mengumpulkan uang, dengan dikomandoi oleh makuwo dan aku, kami membeli beberapa buah durian. Wah hari itu memang benar-benar salah satu hari yang bersejarah dalam perjalanan persahabatan kami.
Waktu itu diramaikan oleh aku, makuwo, petty, chris, sunna, fuji, ummywatty, riko bela wong, karambia alias kuracul, buya, Ijen, dan oon. Memang nggak semua dari anggota kami yang ikut serta, namun lumayanlah untuk meramaikan jagat gelak dan tawa antara kami.

Sekitar pukul 2, kami sudah ngumpul di sekolah, dengan menenteng beberapa buah durian. Semua mata tertuju pada kami ketika motor-motor kami memasuki lapangan..But, Hualah, ternyata mereka bukan melihat kami, tapi cuma ngiler memandangi durian-durian yang kami bawa dan berharap kami menawari mereka ikut serta,,
Tapi ngajak orang laen untuk turut serta acara kelas,,,gimana yah!??!! Anak-anak kelasku pasti bakal kompak menjawab “Gak usahh Yaw!!”, hahaha jadi maaph-maaph aja dulu neh, gak bisa ngajak makan bareng..hehehe..

Renacananya, kami akan memakan durian-durian itu di dalam kelas, coz nggak ada lagi tempat yang benar-benar aman dan nyaman untuk menyantap durian tersebut kecuali our class sweet class, XII IA 1…

Wah gak tau deh gimana reaksi anak-anak sekelas nantinya kalau-kalau tercium bau durian selama masa belajar keesokan harinya, tapi kami berusaha untuk cuek, dengan prinsip“whatever will be, will be deh”…kayaknya itulah yang tertulis di otak-otak kami waktu itu (hehehe…benar-benar otak mafia).

Akhirnya dengan penuh semangat ‘45, kami para perempuan mentitahkan Buya dan Kuracul untuk membuka durian-durian tersebut, tapi tampaknya Buya kurang ahli. Maka akhirnya Riko yang turun tangan, kami para cewek masih dengan semangatnya mengarahkan Riko, terutama Ummi yang waktu itu ngerasa tau banget tentang teknik belah duren yang baik.,,hehehe.

After that, kami mengahajar durian-durian tersebut, sampai kenyang, untung gak sampai over dosis. Kami mengambil durian tuh dengan penuh hati-hati, takut belepotan di atas meja or lantai, karena jika belepotan, akan meninggalakan bau yang wah banget! Sekurang-kurangnya mengurangi ancaman bahaya perang dunia keIII di kelas, coZ jika nanti anak2 kelas tau mereka cuma dikasih bau durian aja, wah..wah…gak tau deh entah berapa banyak lagi konfrensi meja petak untuk perdamaian harus digelar…hahahaha…..

Uahhhhh,,,, bener-bener ajiiiip banget makan duren bareng sahabat.
Habis makan durian, kami ngaso bentar, ngobrol sana-sini sambil saling bersendawa, mengeluarkan gas-gas durian.hahaha benar-benar kurang kerjaan.
Entah siapa yang ngasih ide duluan, akhirnya kami memutuskan untuk pergi maen ke lereng, suatu tempat yang katanya memiliki pemandangan yang bagus banget. Maka berkonvoi-konvoi lah kami ke sana.

Perjalanannya berlika-liku dengan sedikit pendakian. Ternyata tempatnya emang bagus benget. Namanya tepat banget, LERENG.. jauh di bawahnya terhampar pemandangan yang Subhanallah, dengan rumah-rumah penduduk yang masih kelihatan alami. Di sana kami berfoto-foto ria dengan Hape Petty (kebetulan Petty baru beli hape baru dan satu-satunya dari personil Gank Broken Smile yang hapenya bisa dihandalkan untuk foto-foto waktu itu). Tapi memang tingkat kenarsisan kami waktu itu belum seberapa, jadi kami lebih banyak ngobrol ngalur-ngidul sana-sini, saling ejek, dan coba2 nyanyi bareng sambil maksa Buya untuk memainkan gitar yang dibawanya. (notabene Buya termasuk musisi handal Kelas XII IA)

Hmmmm…What a sweet momment, entah kapan kami bisa mengulang kembali masa-masa itu. Pastinya, hal tersebut adalah hari yang indah, dimana sebuah kisah antara aku dan sahabat kembali terukir dengan manisnya….

2 years later, 4 Februari 2009

Masa liburan semster III kuliah telah tiba. Walaupun agak telat liburannya, bagiku nggak masalah, yang penting pada masa liburan ini aku bisa berkumpul walaupun hanya beberapa jam saja dengan sahabat-sahabat masa SMA-ku.

Di antara mereka akulah yang paling lamaaa banget pulangnya. Maklumlah, kekurangdisiplinan jadwal di kampusku menyebabkan aku terpaksa mengundur kepulanganku. Sms-sms menanyakan tentang kapan acara reunian sangat menggundahkan hatiku. Aku benar-benar berharap dapat mengadakan kembali suatu acara kumpul-kumpul bareng anak sekelas.

Akhirnya aku bisa pulang juga, namun sayang, salah satu sahabatku (Sunna) sudah kembali ke Palembang untuk segera membereskan administrasi kuliahnya, hmmmm sayang banget, padahal inilah mommentnya kami bisa ngumpul bareng.
Setelah sebelumnya sms-sms-n sama Makuwo waktu dalam perjalanan pulang, akhirnya didapat kata sepakat untuk main bareng lagi ke Lereng.

Tepat 2 tahun 2 hari, kami mengunjungi Lereng kembali. Walaupun bukan dengan acara yang sama, dan personil yang tepat sama, sekurang-kurangnya aku kembali merasakan hawa kebersamaan dan feeling seperti dulu kami mngunjungi lereng setelah acara makan durian bareng, dua tahun lalu, ketika masih berseragam putih-abu2.
Yang ikut Cuma aku, Makuwo, Chris, Fuji, kuracul, Master, dan Ichon. Pukul 9 pagi lewat kami ngumpul di simpang Andiang, tempat yang dipilih atas saran makuwo. Untuk acara kali ini, makuwo benar-benar tepat janji dan ontime, lain dari biasanya yang selalu berprinsip, ”Nggak afdhol kalau nggak telat”…hahaha…

Hmmm dan lagi-lagi sahabatku master bikin gondok dengan minta dijemput dengan alasan gak bisa bawa motor. Akhirnya Ichon ngejemput master. Dan kami tetap harus menunggu sambil ngerumpi together…

Masih sama seperti dua tahun yang lalu. Bentuk jalan dan pemandangan Lereng. Sedikit bernostalgia, kami kembali mnegingat posisi-posisi dimana kami dulu pernah berfoto bareng dulu. Sayang partner in narsis-ku Petty gak bisa datang karena udah janjian sama Ortunya untuk bayar uang kuliah hari itu.

Cerita sana sini, kami juga nelfon Buya, Buya yang waktu itu ketahuan baru bangun tidur, dipaksa untuk mendengar celoteh kami. Buya iya-iyain aja. Kadang-kadang karena keasikan ngobrol kami lupa kalau lagi nelfon Buya…hehehe, xorry buy.
Gak terlalu lama kami nongkrong di Lereng, perjalanan dilanjutin ke tempat makan favorit yakni Bakso Simba (Simpang Bakia). Tempat makan yang lumayan sering juga kami kunjungi waktu SMA dulu. Tapi posisinya udah dipindahin ke seberang jalan.

Kami para wanita (cie ile wanita bo’) ngobrol dengan penuh semangatnya, sampai-sampai nggak sadar kalau di hadapan kami ada 3 orang cowok dengan sedikit manyun cuma bisa jadi pendengar setia aja. Maklumlah kalau perempuan tu mang punya banyak ide dan bahan untuk diobrolin.

Hualahhh…kangen banget neh sama kawan-kawan yang lain. Entah kapan kami benar-benar bisa berkumpul bersama sekelas full house. Walaupun kemungkinannya kecil, tapi aku tetap berharap suatu saat nanti kami bisa berkumpul kembali, sekedar bercerita dan melepas rindu.

Hmmmm…. Andai ada satu hariiiiiiiiiiiii saja untukku dapat mengulang kembali indahnya masa SMA, duduk di dalam ruangan kelas, berseragam putih abu-abu, mendengarkan ceramah guru di depan, membuat berbagai tugas, PR, bercanda ria dengan teman, ke kantin bareng, gila-gilaan bareng…
Hmmmm andai itu benar-benar terjadi. Tapi kutahu itu semua cuma tinggal kenangan. Gak mungkin bisa benar-benar mengulang kembali hal yang sama. Tuhan, jika begitu, jangan hapus memory-memory itu. Biarlah tersimpan abadi di otakku, agar aku bisa mereplay ulang kembali semua peristiwa indah itu… Dan jadikanlah persahabatan kami sebagai ikatan yang kuat dan kekal abadi… Amiiiiiiieeeennnnn………

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s