What a Day…

Minggu-Minggu yang sibuk…@Baiti Jannati 07 Desember 2009, 2:06:20

Beberapa hari belakangan ini adalah hari-hari sibuk yang mengisi agenda-agenda harianku. Mulai dari tanggal 2, Wawancara BBQ (Bina Baca Qur’an) sebagai step awal program Mentoring adek-adek angkatan 09. Pelaksanaan BBQ cukup lancar, walaupun di awalnya kami sempat berserakan karena tidak mendapat kelas AB seperti yang tertera dalam surat peminjaman ruangan.

Selama BBQ, dapat kutangkap beberapa kesimpulan tentang sifat manusia serta pendalaman karakter yang cukup signifikan tentang latar belakang agama dari adek-adek kelasku. Adek-adek yang kuwawancarai cukup banyak hari itu, bukan hanya adek-adek mentoring yang akan kukelola saja yang kuwawancarai, tapi juga mereka yang belum dapat kesempatan diwawancarai oleh rekanku yang lain.

Setelah selesai BBQ, agenda berikutnya adalah mengantar Feni untuk melihat-lihat ke J-Bros. Sekalian aku mau beli pelindung keyboard dan cooling pad (kasihan laptop ku selama ini tidak diurus dengan baik). Hmm, ternyata cukup banyak menghabiskan uang juga sore itu. Alhamdulillah Feni akhirnya bisa membeli sebuah laptop yang disukainya juga sore itu. Pulang dari J-Bross pukul 6 kurang, kami memutuskan untuk singgah dulu ke Malabar, untuk sekedar mengisi perut yang ternyata belum diisi sejak siang. Waktu itu ada aku, Feni, Uswa, dan Desy (masih member Tarandam yang lama).

Maghrib akhirnya kami sampai di pemukiman masing-masing, Feni, Uswa, dan Desy di Tarandam, sedangkan aku sekarang udah pindah ke Wisma Al-Husna di Sawahan.
Hmm.. Hari yang sangat melelahkan…

Kamis, 3 Desember 2009

Rapat GERAM (Gema Muharam ) NIC kemudian dilanjutkan dengan Wawancara calon Pengurus HIMA PSIK dari angkatan 2008

Kebetulan Dally minta tolong untuk bantu-bantu wawancara calon pengurus HIMA. Wawancara ini juga berlangsung sampai sebelum Ashar , sorenya agenda Latihan nasyid (untuk lomba nasyid akhwat yang diadakan FKI beberapa waktu lagi) di tempat Lizha. Cukup menyisakan kelelahan yang bertambah.

Jum’at, 4 Desember 20009

Masih dengan rangkaian agenda padat, di antaranya melanjutkan mewawancarai calon pengurus HIMA, kali ini dari angkatan 2009 yang lumayan banyak. Disamping sibuk-sibuk mewawancarai, juga harus mempersiapkan agenda BINTANG (Bina Putri Cemerlang) NIC. Awalnya, agenda ini Cuma dikhususkan untuk yang putri, tapi setelah dipikir-pikir, agenda bintang dengan rundown acara: nonton bareng film 2012 kemudian dilanjutkan dengan bedah film, juga bagus bagi para ikhwan. Akhirnya kuputuskan untuk mengajak adik-adik yag laki-laki untuk datang. Tapi ternyata mereka banyak yang gak bisa Karena harus latihan futsal dan tempatnya sudah di-booking. Ada perbincangan menarik antara aku dan adek-adek cowok ketika aku memberikan pengumuman di kelas.

Aku: aDek-aDek, nanti sore ada acara nonton bareng film 2012 inshaAllah pada pukul setengah 3 dilanjutkan dengan pembahasan 2012 ba’da Asharnya.

KOmting : Kak, yang laki-laki mau latihan futsal kak, tempatnya udah di booking,kami mau lomba Senin depan kak.

Aku: Semua yang ikhwan ya?

Adek: iya kak, semua yang cowok…

Aku: hmm.. ada berapa orang yang ihkwannya?

Salah satu adek laki-laki: cowok kak… *merasa kurang sreg dipanggil ikhwan

Aku: Iya, berapa orang yang mau izin yang ikhwannya? Semuanya? *masih ngotot manggil ikhwan

Beberapa orang adek laki-laki: cowok kak, semuanya…

Aku: *heran…tunggu tunggu… pertanyaannya: apa beda cowok dengan ikhwan?
Dan memang sejak kapan adek-adek pernah jadi akhwat? Dipanggil ikhwan kok gak mau?

Yang laki-laki: ketawa…

Hmm.. sebuah perubahan kultur di masyarakat kita. Dimana sapaan ikhwan/akhwat/akhi/ukhti katanya hanya boleh digunakan kepada mereka yang telah ter-tarbiyah. Secara etimologi, aku kurang sepakat. Karena sapaan ini adalah bahasa Arab, dan tidak ada peraturan hanya boleh digunakan pada mereka para ADK, hanif, atau yang sholeh dan sholehah saja. Ini jelas peng-eksklusifan suatu kelompok, dan bisa membuat jurang diferensiasi bertambah dalam. Sedangkan di Arab juga tidak ada sapaaan khusus untuk kata-kata cowok dan cewek selain sapaan ikhwan dkk di atas.

Alhamdulillah agenda BINTANG hari itu berlangsung lancar. Adek-adek yang menonton tampak antusias, walaupun banyak yang izin karena harus magang ke UNAND atas. Dan yang paling membuat ku surprise adalah kedatangan adek laki-laki 09 yang datang dengan kondisi pasca latihan futsal (bisa dibayangkan!). Tak kusangka animo mereka terhadap agenda yang kami angkatkan begitu besarnya. Sejarah baru di NIC, BINTANG (FA nya NIC-red) dihadiri ikhwan,😉 langsung mbak Rin ganti welcome slide BINTANG dengan “Bina Putra/I cemerlang. Diskusi tentang kiamat berlangsung alot dan cukup mengasyikkan dengan pemateri adalah Bu Evi Jabar.

Sabtu, 5 Desember 2009

Jadwal hari ini: jadi panitia jalan santai peringatan hari AIDS sedunia (telat memang) yang diadakan oleh PMI, bekerja sama dengan instansi kesehatan lainnya (kurang jelas juga dari mana saja waktu itu). Acaranya diadakan pada pukul 6 pagi. Hmmm, karena ada 3 buah agenda rapat hari itu, aku tidka bisa mengikuti kegiatan kegiatan ini sampai selesai. Pukul 8 kurang langsung ke Fk untuk mengikuti konsolidasi Mentoring, sayangnya aku sampai pas di penghujung acara, jadi Cuma menyerap beberapa informasi. Pukul 9 Ni dan Mbak Rin udah nongkrong di kos Liza lagi untuk latihan nasyid.

***** Lelah memang, namun aku akan berusaha menjadikan kelelahan ini sebagai sahabat yang tak akan menyurutkan langkahku untuk berjuang!!! SEMANGAT Ni…!!! Ganbatte Kudasai!!! ^_^

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s