Over View “ANGKASA” Acara mentoriNG KitA SemuA

Over View “ANGKASA” Acara mentoriNG KitA SemuA

Sabtu pagi yang cerah, tak biasanya kampus Ilmu Keperawatan Pondok rame di hari libur tersebut. Tapi sejak pukul 7.30, mahasiswi A’09 sudah mulai berdatangan dan memadati bangku-bangku di halte PSIK. Ya, hari itu memang sedang ada acara penutupan Mentoring Agama Islam angkatann 2009. Acara yang merupakan agenda tahunan NIC ini juga di design sebagai momentum untuk mem-follow up-i adek-adek 09 yang ingin melanjutkan mentoringnya. Tercatat dari jawaban pertanyaan terakhir pada ujian Mentoring lalu, 90% dari angkatan 09 putri “bersedia” untuk melanjutkan mentoringnya. Tapi wallahu’alam… Apakah minat tersebut hanya sebatas “jawaban” pertanyaan yang ada di kertas, atau memang benar-benar murni dari hati mereka. Oleh sebab itu, pada agenda “ANGKASA” yang digawangi oleh Departemen KPSDM NIC tersebut, NIC mengambil kesempatam untuk mempertanyakan kembali komitmen dan tekad adek-adek tersebut untuk benar-benar melanjutkan mentoring mereka.

Dalam kata sambutannya, Firnaliza Rizona selaku Koordinator KPSDM sekaligus Koordinator Mentoring dari PSIK menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap adek-adek mentoring yang rela untuk melaksanakan mentoring di sela-sela jadwal kuliah yang padat, dan tempat yang minim di kampus pasca gempa. Dan terutama bagi seluruh mentor yang lebih sering mencuri-curi waktu senggang untuk mentoring dan kadang harus memforsir tenaga untuk melakukan mentoring 2-3 kali dalam seminggu untuk mengejar target pertemuan untuk melengkapi nilai agama yang sudah harus dikumpul setelah UAS semester 1.

Dalam arahan sekaligus taujihnya, Ketum Nic menyampaikan betapa pentingnya tarbiyah islamiyah yang semestinya kita lakukan secara istimroriyah (berkesinambungan) dan di akhir taujih, angkatan 2009 diminta untuk menuliskan di secarik kertas nama mentor yang diinginkan untuk tetap membina mereka sekaligus derajat kesungguhan untuk melanjutkan mentoring dalam bentuk persentase. Dari kertas tersebut, ada yang berkeinginan Cuma 50%, 60%, 78,89%, 80%, 99,9% bahkan ada yang saking antusiasnya menulis 1000%, namun ada juga yang menulis “masih ragu kak, 50 % aja dulu”, alhamdulilah dari kertas yang terkumpul tidak ada yang menolak untuk follow up. Hmm, yang sedikit membingungkan adalah usulan adek-adek mentor yang ingin mentornya diganti-ganti tiap minggu (bagaimana pula ini ceritanya! ^^) ada yang ingin ganti mentor, ada yang mau mentoring dengan sekaligus 2/3 mentor, dan jawaban-jawaban aneh bin ajaib lainnya (mudah-mudahan follow up ini benar-benar terealisasi)

Sama dengan acara ANGKASA tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga diadakan perlombaan penampilan bakat antar kelompok mentoring. Ada yang menampilkan nasyid, teater, drama pendek, bahkan ada yang rela nenteng-nenteng gitar ke kampus. Sedangkan pemenangnya akan diumumkan keesokan harinya ketika “Rihlah” pelantikan anggota aktif NIC.

Acara selanjutnya adalah tukaran Kado. Masing-masing peserta mentoring, kakak mentor, dan pengurus NIC yang datang diharuskan membawa kado seharga minimal Rp 7000,- yang dibungkus dengan kertas koran. Kado-kado dari seluruh peserta di-lot dan dibagikan kembali sesuai nomer lot yang didapatkan. Dan acara puncaknya yaitu “Rujak Party”. Masing-masing kelompok mendapatkan satu mangkuk besar. Bedanya, kalau tahun kemaren kelebihan buah, tapi tahun sekarang kelebihan kuahnya.

Acara ANGKASA kali ini lagi-lagi hanya diperuntukan bagi adek-adek putri. Namun yang berkesempatan hadir hanya 74 orang dari 90 orang mahasiswi yang ada. Sedangkan yang putranya hanya diundang pada saat tukaran kado dan rujak, namun ternyata tak banyak yang bisa hadir karena pada waktu yang bersamaan yang putra diminta pihak biro untuk menghadiri acara Goro di UNAND atas (istilah kami untuk menyebut kampus Unand di Limau Manih) walhasil hanya adek-adek putri yang bisa mengikuti.

Akhirnya acara yang dimulai pada pukul 8.00 sampai pukul 12 tersebutpun usai. Banyak kenangan yang terukir pada waktu-waktu, jam-jam, dan detik-detik tersebut. Harapannya, ukhuwah antar generasi akan semakin erat melalui kegiatan ini. Saatnya seluruh peserta mentoring dan mentor untuk semakin mendekatkan diri di sini, dan untuk seluruh peserta 09, bersiaplah untuk “UNDANGAN TARBIYAH” yang lebih indah berikutnya ^_^. Get Ready!!!


Reported by: cahayamata

Rujak Party….

Pengurus NIC ‘910

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s