Behind the Scene “BAKSOS NIC ‘910”

Detik detik sebelum suksesi kepengurusan NIC ‘910, akhirnya bakti sosial yang digawangi oleh Departemen Syiar NIC berhasil dilaksanakan pada hari Ahad (28 Maret 2010) kemaren langsung di dua lokasi. Yakni di taplau a.k.a “Tapi Lauik” dan Kelurahan Olo Kec.Padang Barat yang bekerjasama dengan PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) setempat dan PMI.

Kegiatan baksos ini awalnya direncanakan cukup sederhana. Yakni dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah pada orang-orang di sekitar taplau yang sedang marathon/jogging, menyediakan fasilitas pengukuran berat badan dan tinggi badan, penyebaran leaflet yang berisi info-info kesehatan sekaligus konsultasi tentang masalah kesehatan terutama mengenai pola diet. Di samping itu, juga ada pembagian susu secara gratis.

Namun ternyata, beberapa saat sebelum hari H, Bapak Lurah Olo meminta bantuan mahasiswa PSIK (program Studi Ilmu Keperwatan) melalui NIC untuk turut melakukan baksos juga di kelurahan tersebut demi peningkatan derajat keshatan masyarakat dengan fasilitas yang akan disediakan oleh Kelurahan yang bekerjasama dengan PNPM.

Tepat pada pukul 6.00 panitia sudah berkumpul di TKP (di kantor Lurah) untuk kemudian bergerak menuju taplau (yang di depan PA), aksipun dimulai pada pukul 7.15.

Agenda Baksos yang kepanitiaannya diamanahkan kepada angkatan muda NIC ’09 diketuai oleh Kevin Restu Perdana, serta melibatkan tim medis dari angkatan ’06, ’07, ’08, dan kakak profesi Ners (sayangnya gak ada yang bisa datang ) terbilang berlangsung lancar dan sukses.

Disamping melaksanakan BAKSOS yang mengambil tema “Peningkatan Derajat Kesehatan, Menuju Masyarakat Sehat” ini, NIC sekaligus memiliki misi untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa terkhusus bagi angkatan termuda bagaimana cara berinteraksi dengan masyarakat: tak hanya mengandalkan skill, tapi juga harus menguasai teknik verbal dan non verbal untuk mengajak masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan. Disamping untuk mengenalkan civitas akademika PSIK kepada masyarakat yang mungkin masih banyak yang belum tahu.

Dalam teknis acaranya, yang bertindak sebagai tim pelaksana tindakan (operator) adalah angkatan 07,08, dan 06. Sedangkan adik-adik 09 berperan dalam menarik masa dan menyebarkan leaflet, memandu pengukuran berat badan dan tingggi badan, serta membagikan susu coklat dan vanila gratis kepada masyarakat yang berminat.

Animo masyarakat cukup besar, walhasil, dua galon susu coklat dan fanilla habis setengahnya (sebelum akhirnya benar-benar habis di acara kedua). Namun rombongan NIC harus segera pindah lokasi ke kantor Lurah untuk melaksanakan aksinya kembali di sana. Pukul 9 lewat, rombongan sampai di kantor Lurah yang sudah didesign secara khusus untuk serangkaian acara formal seperti beberapa kata sambutan dari jajaran kelurahan, kecamatan, wakil PNPM, dan pembagian bantuan serta beasiswa secara simbolik kepada masyarakat setempat.

Selanjutnya, barulah acara di handle panitia baksos NIC yang kembali melaksanakan pemeriksaan kesehatan sederhana, konsultasi kesehatan/penyuluhan, penyebaran leaflet, dsb.

Walaupun kegiatan ini terbilang sukses, namun masih ada sedikit guratan kecewa pada masyarakat Kelurahan Olo yang menyangka akan diadakan juga pengobatan gratis. Untuk hal yang satu ini NIC memang belum memfasilitasi, karena konsep awal acara memang hanya akan melakukan tindakan sederhana, mengingat memberikan resep obat bukanlah gawean mahasiswa. (Mungkin kedepannya hal ini bisa menjadi bahan masukan untuk kepanitiaan baksos berikutnya). Akhirnya yang berlangsung adalah semacam diskusi kesehatan dengan masyarakat setempat.

Over all, salut untuk panitia yang sudah bekerja keras. Terimakasih untuk teman-teman yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan skilllnya demi berlangsungnya agenda ini.

Maybe we can’t do everything, but sure we can do something…

Mungkin kita tidak bisa melakukan segalanya, tapi kita tentu bisa melakukan sesuatu. So, jangan pernah menyerah untuk bisa melakukan sesuatu untuk orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah mereka yang memberikan manfaat kepada orang lain.
Semoga apa-apa yang kita lakukan kemaren, semua pengorbanan, semua kelelahan dibalas oleh Allah dengan balasan yang setimpal….

Fastabiqhulkhairat….

tags: NIC dalam berita, Cahaya Legend, islamic nurse,

http://www.zonacahayamata.blogspot.com

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s