Nursing Diary Part 1 (Calon Perawat Islami Masa Depan)

PREKLINIK PERTAMA


Bismillahirrahmanirrahim…

Hi friendsfillah, hari ini adalah preklinik pertama Ni. Wah… hari-hari mendebarkan itupun mulai berlangsung… Ayok ikuti cerita serunya yang isnyaAllah akan terangkum dalam “Nursing Diary” ini….

Okeh Let’s check it Out…
***Semuanya berawal dari jarkom mendadak yang datang pada hari Sabtu, 1 May 2010 tepat ketika kami sedang latihan nasyid:
“Teman-teman kita preklinik KMB Senin, jam 7.30 di RS M.Djamil, ngumpul dekat ATM kata Buk Leni. Kita penjelasan silabus dan orientasi dulu.Pake baju preklinik putih dan rok hitam, sepatu hitam. JARKOM”
Fiufh,,, akhirnya datang juga masa nya. Walau sempat membuat kami kocar kacir karena sedikit mendadak dan gawatnya kami (terutama Ni) masih belum ngambil seragam preklinik ke tempat penjahitan, belum punya jilbab putih yang memadai, kaus kaki putih??hmm gak ada juga sepertinya, sepatu sepatu? Yang Ni punya warna hitam sih, tapi rada-rada gak formal gitu, boleh masuk klinik gak ya??? wahhhhh…musti hunting besar-besaran nih di pasar (I hate this part!)…Sabtu itu hujan lebat sorenya. Dan malamnya ada latihan karate…. Ya udah lah, nekad ngerjain semuanya besok walau rada gak yakin karena ada jadwal JR di UNAND dan lomba nasyid yang diundur jadi hari Minggu jam 1. Fiufh.. (-_-)’
Akhirnya Ni cuma bisa beli jilbab dan kaus kaki putih sama jemput baju ke tempat Kak Nel. Itupun waktunya dimepet-mepetin di sela-sela selesai lomba nasyid pukul 6 sore!!!
Keesokan Harinya!!
Udah stand by dengan semua persiapan dan udah nangkring di tempat yang ditentukan sebelum waktunya *rajin banget mode: On*
Tapi ternyata, dosennya telat, hanya orientasi awal…nothing special…
Ni, Reren, Bunga, dan Tek Mar (kelompok 1) ditempatkan di bagian Neuro.
Wah….sungguh rame M.Djamil pagi itu. Ramenya bukan karena pengunjung atau pun pasien, tapi rame sangad karena penuh dengan mahasiswa-mahasiswa praktek dari berbagai institusi. Ada praktek KoAss, ada yang dari akbid, Akper, Stikes, mahasiswa profesi, dan kami yang dari preklinik. Sepertinya kami masuk pada saat yang kurang tepat. Karena beberapa institusi juga baru memulai orientasi mahasiswa prakteknya pagi ini. Fiufh…. perawat jaga yang menerima kami di bagian neuro pagi itu kelihatannya juga bingung. Banyak jadwal mahasiswa praktek yang masuk. Beliau aja bingung apalagi kami!!
ck ck ck…
Akhirnya diputuskan kalau hari itu kami cuma sampai pengenalan tempat dan lokasi saja. Minggu depannya baru pengkajian pasien dan ngolah case. Oh ya, perawat di situ keberatan kami makai rok hitam, maunya putih-putih. Gaswat…!! rekan-rekan sekelompokku sepakat makai celana putih karena mereka udah ada yang bikin dan maksa-maksa diriku ini untuk segera bikin celana putih. Hah… kata perawat ruangannya “yang penting putih-putih”, terserah mau celana atau rok, dan Ni udah menanyakan langsung apakah boleh pakai rok atau tidak, dan ternyata BOLEH!! *jingkrak dalam hati* walau rada gak enak karena sempat debad dengan teman sekelompok.
Hmm…. ternyata cuma di ruangan neuro dan paru aja yang wajib pakai putih-putih, di ruangan lain malah ditekankan untuk memakai hitam-putih dengan alasan “Warna hitam yang membedakan kalian dengan Ko-Ass, dan mahasiswa Stikes!” sangat kontras dengan alasan perawat di bagian neuro: “Kalau kalian pakai rok hitam apa yang membedakan kalian dengan Ko-Ass?”
Yap, secara Ko-Ass cuma pakai baju dinas putih dan bagian bawah yang beraneka warna. Ck ck ck,,, saya jadi bingung sendiri. Padahal di ruangan Neuro cuma sehari, tapi modalnya jadi besar gini *perhitungan mode:on*…. Tapi gak apa-apa lah… Toh roknya juga pasti bakal dipakai juga ntar. Naahh…. berarti musti cepat-cepat jahit nih… hiks uang keluar lagi. Yah, akhirnya Ni cuma bisa ngadu ke rumah. Langsung sms-sms-an dengan Mamah tercinta. Alhamdulillah, Mama memang lebih tau solusi terbaik yang tidak akan memberatkan anaknya. Love you mom!!!
Yah, walaupun hari itu kurang berjalan lancar karena kami tak berhasil menyusuri semua bagian **related to sang Lecture yang lagi hamil dan gak sanggup jalan sampai lantai 2. Kalau gak ada pendamping gimana kami bisa masuk ruangan??? Ya sutrahlah buk. Tapi kayagnya bakal kerja keras untuk preklinik kedua minggu depan….SEMANGAT! SEMANGAT! gak boleh ngeluh!
Yap, begitulah…cerita pendek kali ini. InsyaAllah inilah jejak langkah pertama dimulainya kisahku di dunia keperawatan klinik…. Allahu Akbar!!! \(^.^)/

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Nursing Diary. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s