DILARANG MEMANGGIL DENGAN PANGGILAN BURUK

Sedih banget rasanya ada ikhwah HT yang menghujat PKS dengan kata kata kasar dan merendahkan di Facebook. Ini bukan yang pertama Ni temukan. Ini adalah kasus kesekian dari orang yang sama…

Dahsyatnya, beberapa ikhwah dari kalangan yang sama juga ikut mengomentari dengan hujatan yang tak kalah sengitnya.

Dan lagi lagi Ni tidak tahan untuk tidak mengomentari. Ini bukan masalah “ketersinggungan” Ni sebagai salah seorang partisipan PKS atau bukan, tapi ini masalah AKHLAK!! Sekali lagi masalah AKHLAK seorang muslim…!!!!! Tak peduli yang dihujah PKS atau bukan, tapi ketika ada muslim yang dihina, maka wajib bagi kita untuk membela, mengingatkan sang penghujah.

Hmmm…. tenang kawan, Ni tidak akan balik menghujah kok…
Cuma MENITIPKAN sebuah komen “mengingatkan kembali” dengan kalimat yang cukup simpel bahwa “diam lebih baik daripada mengeluarkan kata kata yang sia sia, membuktikan kalau “kita” lebih baik jauh lebih terhormat daripada mengeluarkan sebuah hujatan”. Sayangnya beliau men-delete komentar Ni tersebut. Wallahu’alam… Sedih mengingat ada seorang da’i yang tak mau dinasehati.

Untuk saudaraku yang senang menghujat hizbt lain (siapapun!! Tak hanya HT, Jamaatul Muslimin, Salafi, atau apapunlah itu namanya) ini hadiah dari Ni, atas “perbuatan” yang dengan bangga kalian umbar di khalayak ramai tersebut.

Sayangnya Ni mendapatkan note ini sesaat setelah Ni men-delete ikhwah tersebut dari list friend FB sekaligus mem-blockir akunnya. Kalau masih jadi friend, ingin rasanya mempostin note ini di wall nya…

-*- TAHUKAH ENGKAU SAUDARAKU, DILARANG MEMANGGIL DENGAN PANGGILAN BURUK ITU ? -*-

by : Imatuzzahra Al Hurun’in

Bumi Allah, 28 Juni 2010


Bismillahirrahmanirrahim……


Wahai saudaraku…tahukah engkau bunyi surat Al Hujurat : 11 dan 12 ini :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan) dan janganlah pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan). dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kau panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah Iman dan barang siapa yang tidak bertobat,maka mereka itulah orang-orang yang zalim”[11]
“Hai orang2 yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudha mati ? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertkwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang”[12]

dari ayat ini sungguh jelas wahai saudaraku….memanggil dengan panggilan buruk kepada saudaramu semuslim itu itu dilarang oleh Allah. bila telah dilarang maka hukumnya haram. dan melakukan amalan haram berarti telah berdosa. dan berdosa ganjarannya adalah siksa kubur dan siksa neraka.


dan mari kita baca dan kita fahami hadits-hadits ini….

“Semua orang Islam terhadap orang Islam itu haram : darahnya, hartanya dan kehormatannya” [HR.Muslim dari Abu Hurairah]

“Janganlah kamu saling dengki mendengki, janganlah marah memarahi, janganlah tambah menambah dalam jual beli dan lainnya, janganlah belakang membelakangi dan janganlah mengumpat satu sama lain ! Kamu semua jadilah hamba Allah yang bersaudara” [HR. Bukhori dan Muslim dari abu Hurairah]

“aku telah melawati pada beberapa golongan (kaum) pada waktu malam di’isro’kan. mereka mencakar mukanya dengan kuku. aku bertanya : “Hai Jibril ! siapakah mereka itu ? “Jibril menjawab “Mereka itu ialah orang-orang yang mengumpat manusia dan terperosok memperkatakan kehormatan orang” [HR.Abu Dawud dari Anas]

ketauhilah engkau memanggil saudaramu dengan panggilang JONGO DEMOKRASI,BUDAK THOGHUT, MELACURKAN DIRI,KACUNG DEMOKRASI,PEMBANTAI IDE dan masih banyak lagi.
sedangkan engkau tahu JONGOS dan BUDAK, KACUNG, PEMBANTAI adalah kata
sangat rendah nilainya, itu kata merendahkan yang berarti adalah hinaan.
kemudian kata MELACURKAN DIRI, MasyaAllah…astaghfirullah hal ‘adzim ana ketika membacanya (waktu itu seorang teman mengcopykan ke ana dr status temannya yg ditunjukkan ke ana) sungguh didada langsung sesak rasanya.KARENA KATA LACUR ADALAH UNTUK WANITA PEZINA, APAKAH SAUDARAMU YANG AKTIVIS DA’WAH ITU, SAUDARAMU JAMA’AH DAKWAH ISLAM LAIN ITU ENGKAU SAMAKAN DENGAN PEZINA YANG RENDAH DERAJATNYA DAN BEJAT AKHLAKNYA ITU ? sungguh naudzubillahi mindzalik…betapa jahatnya, dan betapa dholimnya akhlak ini…

begitukah akhlak aktivis kita ? apakah mereka tidak faham dengan sebuah ajaran UKHUWAH ISLAMIYAH yang telah mereka gaung-gaungkan ? benarkah yang suka menulis kata2 semacam itu benar2 seorang aktivis dakwah atau hanya aktivis jadi-jadian ? sungguh keimanan itu tercermin dalam akhlak. apapun alasannya sungguh tak ahsan jika kata2 itu diucapkan oleh seorang aktivis untuk aktivis muslim lainnya. apalagi ia telah beriman dan memahami apa yg diucapkannya dalam kalimat toyyibah itu.


buah dari keimanan adalah AKHLAQUL KARIMAH DAN UKHUWAH YANG BAIK. jadi dapat disimpulkan jika kedua itu ada yang cacat maka CACATLAH
KEIMANANNYA


apasih untungnya melabeli saudara seimanmu dengan kata-kata itu ? apakah ISLAM akan diuntungkan dengan tindakan seperti itu ? ataukah malah menjadi bibit penghancur kebangkitan ISLAM dan bibit penghancur UKhuwah serta bibit penghancur image ISLAM yang ramah tamah dan baik budi ini ?

itukah yang diinginkan ? jika iya kenapa distatus ditulis ayo berdakwah, kenapa bikin note mengajak bersatu, kenapa dinote-note, di link2, dipostingan-postingan lain diserukan untuk terus berdakwah agar khilafahnya tegak ?

darimana ini bisa terjadi ? jika hal haram seperti ini masih dikerjakan juga ?

sungguh aneh menyerukan satu dipatahkan dengan seruan lain.

sudahlah ya ikhwah fillah…bukan agamamu yang diuntungkan dengan kalian saling menjelekkan seperti itu. bukan jama’ah kalian yang akan berdiri dan bertepuk tangan namun ketauhilah mereka yang sedang menginteli kalian sedang bertepuk tangan bahwa adu domba mereka berhasil dengan dahsyat.

pola-pola pihak munafiq telah terjalankan dengan tanpa hambatan dan kalian tidak menyadarinya. kebencian-kebencian yang mereka tanamkan sudah mengakar dibenak kalian…

apakah kalian menyadari bahwa pengintai dari kaum kafir dan munafik itu telah menggunakan polanya sebagai berikut :

1. mereka memanas-manasi dengan membuat statamen yang seakan-akan dari Islam padahal statmennya itu mengaburkan dari hal pokok bahasan. sehingga orang-orang yang termakan oleh doktrinasi jama’ah, terdidik oleh doktrinasi saja akan terpancing dengan statment mereka. kemudian mereka tinggal mencatut nama itu dan mencari identitasnya.

2. dengan memuji-muji yang akhirnya kedekatan yang diperoleh dari pujian itu menjadikan sebuah kesempatan untuk mengkorek2 aktivitas kalian.

ingatlah Facebook ini sekarang tak lagi menjadi ajang hiburan saja…namun semua itu telah berubah fungsi..dimana dipakai untuk mempengaruhi persepsi, untuk menyebar isu, mengadu domba, melakukan konpirasi, melakukan dakwah, menggiring masa, mencari jodoh, untuk jualan (entah jualan barang atau jualan hujah), untuk mematai-matai, untuk mengkotak-kotakkan Islam, untuk berperang pemikiran dan opini dan entah hal lain yg mungkin masih banyak lagi.


mari kita tempatkan diri sesuai poksinya. jikalau memang generasi dakwah ya mari kita berdakwah dengan baik, tak usah menyebar panggilan buruk, tak usah menjatuhkan satu sama lain. tak usah mengolo-olok. lihatlah ! lawong jelas lo yang dijuluki itu orangnya…? orangnya ada..dan memang aktivis…bahkan ada yang ditujukan kepada sebuah jama’ah dakwah…APAKAH ITU TIDAK DHOLIM saudaraku…?

jagalah marwah dakwah ini, jagalah Izzah Islam ini…jagalah izzah jama’ah masing-masing..jangan hanya karena ulah kita yang sembrono menjadikan image buruk kepada jama’ah dan anggota yang lain ? padahal bila kita tahu tak semua seperti itu, karena masih banyak mereka yang berpikiran luas, masih banyak yang berilmu dan tak parsial, masih banyak yang open mind…apakah akan didholimi mereka yg seperti ini hanya karena ulah personal atau individu ?
mari kita bersihkan niat segala amal kita…INGATLAH…AMALAN DIKATAKAN
TOYYIB ITU JIKA NIATNYA BAIK,PROSESNYA BAIK,DAN TUJUANNYA BAIK. JIKA CACAT DISLAH SATUNYA MAKA TAK SEMPURNA KEBAIKAN IMAN ITU. BAHKAN AKAN LARI PADA KEHARAMAN ATAU KE SYUBHAT.

jika kita niatkan untuk ibadah ya mari kita sucikan semuanya dari hal buruk. ada kalimat yang ahsan yang bisa menyentuh hati, dibandingkan kata2 di atas yang bisa bikin sakit hati…dan akhirnya tumbuh rasabenci


ingatlah auroh orang beriman dimanapun ia berpijak tetaplah auroh yang baik yang ia pancarkan. walau ia di dunia maya sekalipun. karena itu pancaran kualitas hati. tak ada kemunafikan dalam akhlaknya. orang sholih itu tak bisa berbohong antara perbuatan dan perkataan serta hatinya maupun amalannya. ketiganya pasti seiring sejalan. ia jauh dari niat busuk dan hanya ridho Allah yang didamba bukan pujian manusia.


Marilah kita kembali pada aturan syar’i. ATURAN SYAR’I ITU TAK SEKEDAR AHKAM,FIQIH DAN IBADAH MELAINKAN BERAKHLAK DAN BRUKHUWAH ITU JUGA ADA ATURAN SYAR’INYA. MANA KALA KITA MENGAKU BERIMAN YA KERJAKANLAH HAK-HAK SAUDARA SEIMANMU ITU. TAK ADA RUGINYA BAGI DIRIMU BAHKAN AKAN MENDATANGKAN KEBAIKAN DAN KEBERKAHAN DALAM HIDUPMU.


ANTARA IMAN DAN UKHUWAH ITU SEIRING SEJALAN, TIDAK ADA IMAN TANPA UKHUWAH DAN TAK ADA UKHUWAH TANPA IMAN. KEDUANYA TAK BISA DIPISAHKAN. KARENA KEDUANYA IBARAT POHON DAN BUAHNYA. DAN AKAN TERCERMIN DALAM APLIKASI HAK DAN KEWAJIBAN BAGI YANG MENJALANKANNYA.

semoga ini juga pengingat bagi diriku yang sering lupa…dan semoga lebih barokah ketika dibaca dan diamalkan oleh yang lainnya…semoga jadi amaln sholih yang bisa menamani ana di kubur dan di akherat kelak. amiin…mari saling beramar ma’ruf nahi munkar.


NB : yang di tag bukan berarti yang melakukan itu, ana nitip pesan ini untuk teman-teman di friendlistnya…semoga mereka pada membaca himbauan ini…dan semoga tak ada lagi ana baca tentang panggilan buruk itu….


dariku :-*- IMATUZZAHRA AL HURUN’IN -*-


——————————
Diposting Kembali Oleh :
(Admin Mujahid Pena)
——————————
Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

2 Responses to DILARANG MEMANGGIL DENGAN PANGGILAN BURUK

  1. Aan says:

    Assalamu alaikum.salam kenal.
    senang sekali baca tulisan ukhti.berharap banyak yang baca.sama saya juga mengalami hal yang sama banyak yang menulis di wall dan inbox saya berbagai hujatan mengenai pks …hmmm…hmmmm..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s