PeNgAbMaS Lagi….

Catatan 3 Oktober 2010


Alhamdulillah pada hari ini Ni berkesempatan lagi untuk ikut menjadi pelaksana Pengabdian Masyarakat bersama dosen-dosen Program Studi Ilmu Keperawatan FK Unand yang berlokasi di Taratak Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI, Tarusan Pesisir Selatan. Tak semua mahasiswa berkesempatan untuk bisa ikut mendampingi para dosen melakukan pengabmas ini. Di antara semua angkatan hanya 10 orang mahasiswa yang akan dibawa dengan 1 orang koordinator. Kebetulan ketika Dally (komting kami) mengumumkan siapa yang mau ikut (seperti biasa) dengan penuh antusiasme Ni segera acung tangan. Alhamdulillah menjadi 5 pendaftar pertama.

Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari rangkaian kegiatan seperti: Pemeriksaan Kesehatan, Pengecekan Gula darah, Pengobatan Gratis, dan Terapi bermain untuk anak-anak. Kebetulan Ni, Feni, Desi kebagian job bersama para dosen Keperawatan Anak melakukan terapi bermain untuk anak anak kecil di sana. Awalnya Ni kira kami akan diterjunkan ke sekolah-sekolah, ternyata cuma mendampingi anak anak kecil yang ikut orang tuanya ketika berobat.

Untuk terapi bermain sendiri, kami sudah menyiapkan beberapa permaianan dan hadiah untuk adik adik tersebut. Tapi dalam pelaksanaannya sangat susah teman. Tak semudah yang dibayangkan. Walau judulnya adalah “BERMAIN” tapi mengkordinir anak-anak adalah hal yang tak gampang. Butuh suara keras untuk menarik perhatian mereka. Kendala berikutnya adalah para mak-mak yang ikutan nimbrung dan dengan hebohnya mengompori anak anak mereka untuk berperan aktif agar dapat hadiah dari kami. Justru peran aktif para ibu ibu inilah yang menambah hiruk pikuk dunia persilatan….

Bermain dengan anak-anak adalah hal yang Ni senangi. Dan alhamdulillahnya, setiap ada kegiatan pengabmas, baksos, Ners Peduli, Ni sering kebagian di tempatnya anak-anak atau SD.

Kelar bermain dengan anak-anak, selanjutnya kami bergabung dengan dosen dan rekan rekan lain di pengobatan gratis, pengecekan tekanan darah. Fiufh… melelahkan juga, plus keerepotan karena warga yang membludak dan memadati ruangan kantor wali nagari yang tak seberapa besarnya itu.

Acara ditutup sekitar jam 1 siang…
Alhamdulillahirabbil’alamin…
Berbagi dan saling memberi adalah pencetus kebahagiaan dalam yang indah…
Semoga kedepannya masih ada baksos baksos, pengabmas-pengabmas lain yang bisa Ni ikuti…



Terapi bermain anak anak

Pengobatan Gratis



Panitia Pelaksana Pangabdian Masyarakat PSIK-FK-UNAND 2010

Ini KPS kami…Pak DR.Zulkarnean Edward, P.Hd


Eghmm…. Mengukur tekanan darah


Ananmnesis


Ini salah satu pemandangan yang berhasil Ni jepret dari atas bus




About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cahaya Legend, kisah klasik untuk masa depan. Bookmark the permalink.

2 Responses to PeNgAbMaS Lagi….

  1. Uni taragak pulo byb copek2 turun ka masyarakat..:) lai lomak jo bangga gak eah iah ni..:)

  2. hehehe..iyo bib…lomak a laii….jan sogan sogan kok diajak poi baksos atau pengabmas isuak ndak!di situ keterampilan dan wawasan awak lobiah batambah dek nyo.banyak nilai positif nyo bib..rajin2 lah nyari ilmu supayo habyb tambah pede kalau suatu saat harus turun ke lapangan,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s