Selamat Milad Kedua Untuk ZonaCahayaMata

Refleksi dua Tahun Zona Cahayamata

It’s 21 November…

Itu adalah tanggal ulang tahun blogku tertjintah “Zona CahayaMata”. *potong tumpeeenggg!!*

Happy milad untuk blog pertama Ni…!!!

Tak sama dengan umur manusia, Ni berharap blog ini selalu berumur panjang…

Lebih panjang dari si empunya!

Senantiasa mengukir wacana bermanfaat bagi yang membaca.

Menjadi serpihan cerita kehidupan yang kelak bisa dinikmati sebagai sebuah kisah klasik….

dan semoga Semakin cerdas dan mencerdaskan

aaaaaaAaaaaaminn…

Oke, di hari milad Zona Cahayamata kali ini, Ni ingin sedikit berbagi cerita mengenai perjalan Zona Cahayamata (terutama untuk teman teman yang pengen atau sudah memulai perjalanan hidupnya di dunia maya lewat blog)

Hmm… Kita flashback lagi ke 2 tahun yang lalu. Ketika tiba tiba timbul rasa ketertarikan yang amat sangat kuat dengan tulisan tulisan pribadi yang diposting seseorang di satu halam web (*walau Cuma memanfaatkan web gratisan). Awalnya Ni sudah punya blog juga di friendster. Tapi kok ya agak kurang menarik ya. Apalagi membukanya harus lewat FS dulu, dan loadingnya itu loh…Lama amat…

Walhasil, akhirnya Ni langsung merengek-rengek ke mbak rin (yang ketika itu sudah mahir dalam dunia perinternetan, terutama blog) untuk menurunkan ilmu-ilmunya maya-nya. Mbak Rin waktu itu ngasih beberapa pilihan, ada multiply, ada wordpress, dan ada blogspot. Tapi Ni langsung tertarik ke blog karena multiply kesannya ribet banget dan tidak semua orang yang bisa ikut berpartisipasi untuk nyumbang pikiran di MP kita kecuali mereka yang punya akun di MP. Sedangkan WP, hmmm terlihat sangat formal, kita gak bisa berkreasi dengan item item yang lain. Dan taadaaa…. Jadilah sebuah akun blog di http://www.blogspot.com…!!!

Oh ya, awalnya blog ini nama nya bukan http://www.zonacahayamata.blogspot.com tapi cahayamata’s-zone.blogspot.com … Pikir punya pikir, kok agak ribet nyebutinnya ya?? Apalagi kalau ada yang nanya, musti nyebutin “zon nya pake “e” ya, trus ada stripnya!”…ck ck ck,,,and then Ni ganti dengan nama yang lebih simple, yang gampang ngingetnya, JADILAH blog baru itu bernama http://WWW.ZONACAHAYAMATA.BLOGSPOT.COM…

It’s my HOME guys!!

Walau dalam sejarahnya kemudian Ni juga membeli sebuah sampai dua buah rumah di kompleks perumahan lain. Ada MP,WP, Tumblr, blogdetik, dsb… yang intinya: itu Cuma cabang dari zonacahayamata aja. Intinya lagi: JUST try-Try-an… (you know what I mean …)

Thema blog? Wah… jangan ditanya, waktu itu si mbak ngasih beberapa situs untuk ganti tema. Layaknya anak autis, mulailah dirik sibuk nge-cek satu satu tema yang menarik. Mulai dari tema A sampai tema Z di coba dan diganti ganti terus. Rajin rajin blog walking ke blog teman teman yang punya banyak item, Kemudian nyoba sendiri untuk menerapkan aplikasi yang sama ke blog. Buntu? Langsung rengek-rengek ke mbak Rin lagi. Pokonya, rajin bertanya, rajin minta tolong, rajin ngecek aplikasi terbaru yang bisa diterapkan (mungkin si mbak udah bosen juga dengan diriku yang cerewet banget…hehehe, gomen ne!).

Yup itu dua point penting jika teman-teman ingin meng-up grade blognya. 1. Miliki rasa ingin tahu dan ingin Coba yang tinggi *2. JANGAN malu-malu untuk bertanya…!! Catet tuh!! Tidak apa-apa kita terlihat bodoh untuk bisa mendapatkan ilmu. Jangan sombong dan merasa tidak butuh dengan orang lain jika sudah mendapatkan sedikit ilmu. Arigatou gozaimasu untuk rekan-rekan blogger yang sudah direpotin dengan pertanyaan-pertanyaan *terutama mbak Rin ^^

So, how usefull this Blog For Me?

Mungkin Ni tipe orang yang suka mengkoleksi benda-benda dan hal hal “yang memiliki kenangan” kali ya… Dan menurutku, sebuah tulisan adalah sebuah refleksi dari “moment-moment” yang bisa kita kenang. Memvisualisasikan kehidupan menjadi rangkaian kata-kata membentuk wacana yang bisa dibaca. Yup, aku suuuka menulis, dan suka membaca tulisan-tulisan lama.

Kalau dulu, zaman-zaman SD, pernah nulis di diary. Tapi akhirnya kapok karena tuh diary tiba-tiba jadi konsumsi orang serumah untuk ditertawakan (*huh, apa-apaan itu!). Yeah.. I like a classic thing. Setiap benda dan tulisan memiliki kenangannya sendiri. Kenangan yang membuat kita tertawa kecil, tersenyum malu, atau menggurat sedih… I like surf in a memories…

Maka justru oleh sebab karena itulah, Ni rasa blog adalah sesuatu yang pas untuk merekam dan mendokumentasikan semua tulisan-tulisan yang tergores. Walau JELEK sekalipun! Tetap lah menulis, tetaplah berkarya. Biar orang tak suka, biar tak ada nilai seninya, biar kena kritikanpun, namun itu adalah proses sesungguhnya menuju kesempurnaan! Dan ibrohnya, justru dengan adanya blog, insting untuk menulis dan insting untuk mencari ide-ide untuk bahan tulisan selalu muncul.

Dan perlu dicatat, hal yang perlu ditekankan juga dalam membuat blog atau tulisan adalah niat kita. Yah, sebaik baik niat adalah yang berorientasi kepada Allah dan kebaikan. Dulu, ketika awal-awal membuat blog, Ni pribadi tidak begitu berharap blog Ni dikunjungi oleh banyak orang, atau banyak yang meninggalkan komen di note (*masih malu). Tapi dalam perjalanannya, ketika melihat banyak blog cantik dan diikuti oleh banyak pengunjung, tiba tiba timbul motivasi untuk selalu meng-up grade blog menjadi lebih baik supaya yang datang juga nyaman dan timbul keinginan agar tulisan ini memiliki nilai manfaat yang bisa dibawa pulang oleh yang sempat singgah.

But, waittt… Seperti yang sudah sering Ni bahas, dunia maya ibarat dua sisi mata uang yang berbeda. Berseluncur di sini ibarat memegang sebilah pisau, hati hati jangan sampai memegang bagian mata pisau yang tajam dan runcing yang akan berbalik memberikan sejumput kerugian. Begitu juga dengan per-blog-an. Syetan senantiasa mengintip dari samping kanan, kiri, depan, belakang! WASPADALAH…WASPADALAH!!! (bang napi mode:idup)

PROSES. Itulah yang Ni coba lakukan dalam membuat ZonaCahayaMata menjadi blog seperti ini, yang penting itu tak hanya seberapa hebat dan keren blog kita, tapi jangan lupakan konten dan kemanfaatan blog bagi kita dan orang lain.

Kehidupan akan senantiasa bergulir, tanpa bisa dicegah dan dihentikan.

Ia tak kan peduli pada kita yang meminta untuk menunggu dan berhenti sejenak.

Dan masing-masing waktu akan membingkaikan sebuah kisah. Meninggalkan sejumput kenangan indah… dan ada baiknya kenangan digubah dan dikekalkan ke dalam sebentuk wacana kehidupan…

AKH (‘ala kulli hal), semoga keberadaan Ni di dunia maya ini bisa memberi manfaat bagi orang2 maya yang gak sengaja mampir ke rumah maya Ni (suku maya suka ngenet juga gak ya?). Harapannya, ada oleh2 yang bisa dibawa ke dunia nyata dan disebarkan ke orang2 di sekitarnya.

Doakan yang punya rumah makin keren (iman & amal ibadahnya) dan makin deket sama Allah yaaa….. matur syukron sejiddan-jiddannya…

Salam, SUPER!!! (ala oom mario teguh)

NB: kalo ada uneg2, saran, kripik, donat, bakwan, dan kue-kue yang lain, silakan kirim ke alamat saya…..jazaakumulloh khoyr sekhoyr-khoyrnya,,,

milkysmile

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s