Unand Menuju World Class University

Unand, menapaki Jejak Menuju World Class University…

Waaaw… Apa yang ada di benak teman-teman semua nya ketika mendengar kata-kata WCU (World Class University) ???

Apakah sebuah kampus yang mahasiswanya menggunakan English untuk bercuap cuap ria di lingkungan kampusnya??? *trus apa kabarnya dengan anak anak sastra Indonesia dan sastra Minangkabau?*

Atau sebuah kampus yang isinya bule semua?? *hmmm… trus kite kite ini mau dikemanain??

atau…..

Gambaran sebuah Universitas megah dengan fasilitas canggih nan luar biasa? Kemudian di sana-sini tampak mahasiswa-mahasiswi cemerlang dengan ratusan prestasi? And then adanya sebuah keteraturan dalam kehidupan kampus dimana semua mahasiswa tampil dengan kedisiplinan, kepatuhan, integritas, dengan berbagai aktivitas “bermutu” dan layak tampil ke tengah publik serta dengan kekreativitasan mahasiswanya, mereka juga mampu ber-enterprenuership membuka lapak-lapak usaha mandiri dari ilmu yang diraupnya di kampus? Sedangkan dosen-dosennya secara berkesinambungan produktif mencetak puluhan karya-karya ilmiah serta hasil riset yang tentu saja bermanfaat bagi kesejahteraan umat? Hmm…



Kalau teman-teman berpikiran seperti itu, berarti… Pemikiran kita sama!! Selamat!! (*gubrak (u,u)’). Ya itulah gambaran World Class University yang sempat terpikir oleh penulis yang berilmu cetek ini.

Mendudukan Konsep World Class University

Saat ini kampus kita Universitas Andalas tertjintah yang bermarkas di Limau Manis ini tengah menggalakkan program menuju World Class University. Fenomena WCU tidak hanya sedang menggejala di Unand saja, namun juga “sedang” dan “sudah” menggeliat di beberapa Universitas terkemuka lainnya di Indonesia. Hal ini terjadi tak lain dan tak bukan karena adanya tuntutan arus globalisasi yang kian menderas di semua bidang, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Dan upaya menjadikan dunia pendidikan senantiasa bergerak maju dengan penetapan standar semisal “World Class University” adalah salah satu upaya pemerintah untuk menjadikan negara Indonesia sebagai bangsa yang memiliki daya saing di tingkat dunia terutama dalam produksi sumber daya manusia yang memiliki peran “mendunia” dan tak hanya sekadar menjadi follower negara negara maju yang menduduki peran sebagai negara yang tidak diperhitungkan.

Ok, mungkin statetment di atas merupakan visi ke depan dari sebuah pencapaian “World Class university”, sekarang mari kita tinjau lagi, apa-apa saja indikator yang dibutuhkan untuk bisa bergerak menuju WCU?

Mungkin di bawah ini akan sedikit dipaparkan gambaran WCU yang berhasil penulis tangkap dari beberapa statetment para “Jajaran tinggi” Kampus, presentasi mahasiswa, dan hasil tanya sana-sini ke mbah google.

Fenomena WCU harus dipandang dari berbagai sisi. Setidaknya ada 3 segi penting yang harus diperhatikan : kualitas tenaga pengajar, ketersedian sarana dan prasarana serta fasilitas yang ter-standar, dan pengembangan karakter mahasiswa. WCU juga dinilai dengan indikator-indikator khusus, terkait daya saing sumber daya manusia yang dihasilkan, riset, kontribusi terhadap masyarakat, kualitas tenaga pengajar, jaringan kerja sama dengan dunia luar serta kewirausahaan.

World class university tentunya diukur dengan seberapa banyak sumber daya manusia yang dihasilkannya diserap oleh dunia kerja baik dalam negeri maupun luar negeri. Standar itu juga terkait dengan riset yang berdampak besar dan berkontribusi terhadap masyarakat.

Tentu saja hal ini bisa dihasilkan melalui kualitas tenaga pengajar yang terus meningkat serta daya saing para mahasiswa-mahasiswanya. Tak lupa , melatih kemampuan kewirausahaan para mahasiswanya, baik melalui mata kuliah maupun di perkuliahan umum “kewirausahaan” yang sudah dirintis Unand sejak beberapa tahun belakangan.

Demikianlah gambaran singkat bagaimana sebuah Universitas bisa berproses menjadi WCU. Namun sekali lagi, untuk menjadi sebuah Universitas bertaraf Internasional, kita harus memandang dari berbagai sisi secara komprehensif. Termasuk ke dalamnya bagaimana kampus juga mengasah kepekaan moral mahasiwa sehingga tidak hanya menghasilkan kaum yang intelek dengan bermacam ragam ilmu, tetapi juga mencetak peserta didik yang tak hanya cerdas otak namun juga namun juga memiliki kecerdasan hati, kedalaman iman , kepekaan nurani, kesalehan sosial dan keberanian sehingga kampuspun akan bergerak sesuai jargonnya ,”Terkemuka dan Bermartabat”.

Karena itulah penanaman berbagai macam nilai-nilai kehidupan, kedisiplinan, ketaatan, integritas sudah harus di asah semenjak dini di dunia kampus. Contoh simpelnya saja, bagaimana mahasiswa dituntut untuk mampu mempraktekan budaya ngantri di halte bus kampus, kemudian bagaimana mahasiswa dengan penuh kesadaran tidak membuang sampah sembarangan, taat mematuhi aturan “dilarang merokok”, berpenampilan sopan di lingkungan kampus, disiplin dalam menjalankan perkuliahan, memiliki adab yang bagus dalam berinteraksi, serta menjauhi perbuatan-perbuatan yang bisa merusak citra kampus.

Standar perguruan tinggi kelas dunia memang cukup tinggi dan sulit jika tidak ada kemauan yang kuat untuk mencapai standar tersebut. Universitas Andalas tak harus gamang melihat parameter standar tersebut dan berfikir apakah mampu menjadikan perguruan tingginya sebagai universitas kelas dunia? Solusinya mudah, Unand bisa melakukan hal yang sama seperti negara-negara di Asia untuk menjadi world class university. Caranya dengan komitmen yang kuat untuk mengantarkan perguruan tinggi ini mencapai standar internasional.

***Semoga tulisan yang kurang lengkap dan sederhana ini bisa memberikan sedikit gambaran bagi kita, to get the way…road to be A World Class University… Amin.

milkysmile

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s