Sstt.Ada cerita di Kampus PSIK (*Angkatan 2007 on The Story),Menapaki jejak Perjuangan sebagai Mahasiswa *panjang bgt nih judul*



Assalamualaikum teman teman NERS ku tercinta…


Sengaja kunamakan angkatan kita NERS —->>Nursing gEneRation of zeRoSevent.


Itu masih penamaan dariku, karena kita belum merumuskan nama untuk angkatan kita yang Cuma berjumlah 29 orang ini. (gimana, sepakad gak namanya NERS?)





Guys…. Sebentar lagi kita sudah memasuki semester 8 !! Waaww… what a amazing!!! Rasanya baru kemaren kita ogah-ogahan ngikutin BAKTI 2007. Dan sekarang udah jadi angkatan (*yang seharusnya) paling tuwil di kampus. Berarti udah 3,5 tahun kurang lebih kita kocar kacir (*apa sih istilahnya) di kampus nan tercinta, berada jauh terpencil dari kampus utama Universitas dan dari Fakultas. Jika anak Unand dikenal sebagai anak bukit, kita adalah anak Unand yang versi anak pantainya (*bangga?? Gak ding,,hehe).





Pastinya banyak rasa yang kita taste selama ini. Manis-asam-asin-pahit, rame rasanya!!





Kita semua pasti sepakad bahwa kuliah di Keperawatan itu gak gampang. Sepakadd??>>> *sepakaadddd koord. Hehe, tapi walaupun begitu, kita semua juga SEPAKAD, sepahit pahit apapun kehidupan perkuliahan itu, PASTI ada MANIS, dan kebahagiaan yang timbul di dalamnya.



Well, mari kita flash back ke belakang…. Kita balik sebentar ke tahun 2007, 2008, 2009, 2010… tahun tahun kebersamaan kita.





Bayangkan diri teman teman kembali ke tahun 2007!! Tahun dimana kita masih imoet-imoetnya.. Loetjoe-loetjoenya…patuh-patuhnya…polos-polosnya… eitsss, tunggu dulu, sambil ngebayangin, puter backsound semua tentang kita nya Peter Pan ato Kisah klasik untuk masa depannya SO7 yah!! Biar dapet feel nya *halah..permintaan apa-apaan ini!!!*


Pertemuan pertama kita di Auditorium Unand guys!! Yak, disanalah untuk pertama kalinya aku bertemu dengan komunitas calon perawat profesional dari angkatan 2007!!!… Walaupun waktu itu kita Cuma sekitar 35 orangan di antara 300-an lebih anak FK, alhamdulillah sepertinya ada magnet yang membuat kita bisa menemukan komunitas kita dikala itu.


Dan BAKTI yang actually *agak* memboringkanpun alhamdulillah terjalani dengan lancar walaupun kita semua sempat shock dengan kondisi kampus yang sungguh di luar dugaan. Dimana kaum Hawa adalah mayoritas di sini. Di angkatan kita dari 30-an orang perempuan, nyelip 1 orang laki-laki, laki laki sebatang kara yang kemudian kita angkat sebagai komting seumur hidup di PSIK.Angkatan 06 Cuma ada dua batang kara senior laki-laki, angkatan 05 gak ada sebatang kara pun kaum Adamnya, angkatan 04 juga 2 batang kara. Total batang kara laki-laki dari program A yang kita temukan adalah 5 batang kara sajooo…hahay…


Kampus Keperawatan dengan segala keunikkannya. Jangan tanyakan tentang OSPEK yang mengerikan kepada kami. Karena kami tidak pernah di Bullying oleh senior sama sekali. Senior seniornya cukup baik dan care care semua (calon perawat gethoo loh, ya musti caring lah ya) *at least ini menurut saiya dan sebagian besar mahasiswa*.


Dan jangan pernah macam-macam dengan yang namanya junior di kampus ini. Karena junior nya bukan sembarangan junior. Walaupun berstatus junior, tapi Bapak-Bapak dan Ibu Ibu yang juga menjadi mahasiswa baru di kampus ini cukup lah sebagai back up yang akan melindungi kami dari aturan aturan yang akan merugikan maba dikala BAKTI berlangsung. Hehehe, inget gak gimana ibuk-ibuk dan amak amak yang dari angkatan 07 B marah marah ke panitia Bakti? :p


Selanjutnya kitapun manjalani hari hari perkuliahan yang “everything” is look mengerikan bagi kita. Mungkin butuh sedikit penyesuaian dengan perubahan sistem belajar dari jaman-jaman kita SMA (kalo dulu mainnya masih sama papan tulis, sekarang penyesuaian dengan in focus dan proyektor serta gaya mengajar dosen yang kok kayagnya gak ada space buat kita memahami sedikit demi sedikit ajarannya ya?…dan dengan setumpuk bahan kuliah yang luar biasa dahsyatnya…serta buku buku tebal yang langsung menguras kantong jika ingin memilikinya dan pastinya bikin pegel tangan jika ditenteng tenteng kemana mana… heh)


Dan cerita demi cerita pun bergulir, mulai dari tragedi-tragedi per-sipen-an, tragedi sms sms jarkom yang gak nyampei nyampei BP bawah. Kemudian tragedi Dally yang mengundurkan diri sebagai komting karena tekan tekanan dari seluruh penghuni kelas…hahah… Untunglah kita gak ngijinin dan bisa ngebujuk Dally supaya mau jadi komting lagi…hah. Pokoknya lengkap deh…


Trus ada cerita juga tentang magang. Inget gak waktu angkatan kita Cuma 3 orang yang terdaftar untuk Magang di kampus *based on: gak dpet informasi?? Walhasil hampir sebagian besar anak Keperawatan gak dapat tempat magang di Unand…!! Konsekwensinya ya ngulang tahun depan!! *scream* (-0-)





Syukurlah setelah menjelaskan bahwa kita sama sekali gak dapat info tentang pendaftaran magang (yang waktu itu sistemnya masih manual banget) akhirnya angkatan kita diberi kesempatan untuk mendaftar susulan.


So, Kecuali 3 orang yang udah terdaftar (Aini di Genta Andalas, Liza di UKO, dan Reren di UKS) teman teman semuanya di tampung dengan penuh keikhlasan oleh FKI Rabbani… hehehe… Hmm.. Perjalanan ke Unand atas dari kampus kita di Pecinaan untuk ikut magang pun mengisahkan perjuangannya tersendiri. Untuk dapat mencapai Universitas Andalas di Limau Manih kita harus menempuh 4 tahap perjalanan: jalan ke Nurul Iman, naik angkot ke Jati, naik bus Kota/angkot hijau ke pasar baru, trus baru naik bus kampus… Fiufhhh… mendaki dari pantai ke bukit coy…. jadi jangan salahkan kalo anak keperawatan sering TELAT kalau ke atas *mencari pembenaran.com*



Lalu ada cerita juga tentang LKMM. Hmm… inget gak waktu kita seangkatan juga kompakan gak ikut LKMM yang notabene merupakan agenda wajib anak baru di fakultas Kedokteran dengan alasan yang gak jelas??? Tapi rencana kita gagal setelah komting menyebar sms pemberitahuan bahwa Mbak Uchi *ketua HIMA* marah dan kita kudu wajib dateng LKMM walau udah separoh jalan. Haha… Akhirnya kita gak lulus LKMM cuyy (karena Cuma ikut sebagian agenda, bahkan ada yang Cuma ikut outbound nya doank), dalam artian kita belum bisa diterima sebagai warga negara Keluarga Mahasiswa FK karena belum memenuhi salah satu persyaratannya —–>>lulus LKMM.


Akhirnya lagi lagi dengan kehebatan teknik lobi melobi sang komting, kita diberi kesempatan *again* untuk mlengkapi persyaratan dan mengajukan surat permohonan ke Gubernur BEM… Fiiufhh… Akhirnya kita ngumpul di Terandam bersatu dan ngopass-ngeprint surat rame rame karena waktu itu kita DIKEJAR DEADLINE. Well, urusan KM-KM an akhirnya selesai dengan Happy Ending setelah kita menerima kartu tanda warga negara KM FK, 2 (*BACA: DUA) tahun kemudian…ck ck ck…


Tahun pertamapun terjalani. Memasuki tahun kedua, kita mulai kehilangan satu persatu personil. Begitu juga ketika tahun kedua selesai … Kita kehilangan Putri, Nina, Tya, Mimi, Winda, Nola, yang kemudian merintis takdir mereka masing-masing dengan pilihannya. Tapi kita kedatangan dua tamu baru untuk bergabung di angkatan kita, Rika dan Nita.


Dan cerita pun masih akan terus bergulir. Ada cerita seru juga tentang NPàNERS PEDULI yang mendatang kan polemik di tahun kedua kuliah karena kita gak sepakat kalo angkatan 07 menjadi peserta NP digabung dengan angkatan 2008. Tapi akhirnya NP sendiri tetap dilaksanakan dan tetap ada cerita seru di sana… ^^


Kemudian ada cerita juga tentang bagaimana perkuliahan yang kita laksanakan di bawah tenda di kaibatkan gempa besar yang mengguncang Padang di tahun ketiga kita kuliah. Perkuliahan yang penuh kengerian karena masih takut dengan ancaman gempa susulan dan bahaya tsunami, namun masih kita hadapi dengan senyuman…J


Hmmm… cerita apa lagi ya?


Yapp.. . cerita tentang liburan kita yang sering terpotong potong apakah itu karena jadwal kuliah tambahan (*karena sebelumnya tertunda), pratikum, atau karena ujian yang diundur-undur. Kisah sedih-nya para kawan yang sudah memesan tiket tapi ternyata ada ujian yang diundur sehingga akhirnya dilanda problema memilih pulang kampung atau kuliah.


Trus perjuangan mendapatkan beasiswa. Inget gak ketika angkatan 2007 terancam gak ada satupun yang bisa ngajuin beasiswa karena jumlah sks mata kuliah yang nilainya keluar di semester 1 belum mencukupi untuk memenuhi persyaratan beasiswa. Akhirnya kita memohon mohon dan melobi-lobi pihak pimpinan jurusan serta mendesak dosen untuk segera mengeluarkan nilai. Fiufhh…



Alhamdulilah, hampir dari seluruh mahasiswa yang mengajukan beasiswa diterima!! *ini asiknya jika teman seangkatan sedikit, peluang beasiswanya diterima juga gede… Mudah mudahan semester depan kita masih bisa nyambung beasiswa *untuk keempat kalinya* ya teman teman!! AMIIIN ya Rabb…


Kemudian bagaimana kita selalu dikejar kejar deadline, dua hari lagi batas akhir pengumpulan, hari ini baru ditempel pengumumannya… Tapi alhamdulillah semuanya mampu kita hadapi dan disadari atau tidak kita sudah terbiasa untuk dikejar kejar deadline. The power of kepepet guys!! ^^


Kemudian cerita yang tak kalah serunya adalah side job kita selain sebagai mahasiswa, juga sebagai pengatur jadwal dosen (memanejeri jadwal kuliah sendiri) hehehe… Hubung-menghubungi dosen, ngeganti ganti jadwal kuliah (baik karena kelas yang gak ada, dosen yang gak bisa, atau karena request penghuni kelas yang pengen liburan/kepentingan lain). Hah, menyisakan setumpuk cerita seru, ada manis dan pahitnya. Untuk itu… cukup kita yang tahu…hag hag hag


Well… sebenarnya masih banyak cerita yang tak sempat tergoreskan di sini.





Dan masih ada beberapa hari lagi bagi kita untuk menghabiskan sisa waktu di kampus Pondok sebelum memulai kisah lain di kampus baru kita di Unand.





Hiks… Jelek jelek gitu, ternyata sedih juga kalo harus pindah kampus. Tapi demi PSIK yang lebih baik, hajar terus gan!! Semoga PSIK segera bertransformasi menjadi FIK… Banzaaiii,,,, (^^)/



Hmm… Walau di semester 8 nanti kita sudah mulai sibuk dan sudah banyak yang berbeda jadwalnya, mudah mudahan kita masih bisa menikmati kebersamaan di bulan bulan terakhir perkuliahan ya teman temanku semuanya…



Harapannya: SEMOGA ANGKATAN 2007 BISA WISUDA BARENG TAHUN INI … SEMANGAT SEMUANYA…!



Love You all….


Bila tua nanti kita telah hidup masing masing… Ingatlah hari ini!!!


Like · Comment · Share · Delete

    • Ria Desnita bersenang2 lah..karena hari ini yg kita rindukan..di hari kita saling berbagi…ckckck..theme song aini mantap…

      Tuesday at 10:49pm · Like
    • Akarui Feni PERTAMAX!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Ckckckckckckck,,,, dirik terharu ata keberhasilan diriku sendiri sebagai komentator pertama, hiks.. hiks.. hiks… *melap air mata dengan manisnya…

      note aini keren!!!! Like this… 🙂

      Tuesday at 10:49pm · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini Wah…Feni. Krg cepat…Pertamax diraih oleh Ria Desnita BP 30…
      Haha..Jgn sedih fen,krn komen feni lbh pnjang,jd btuh waktu yg lebih lama…
      Hehe…Btw,thank ya teman..

      Tuesday at 10:52pm via Facebook Mobile · Like
    • Akarui Feni Yee….. telat sekian detik,,, hiks.. hik hiks…malu kami nyo,, baa lai ko???

      Tuesday at 10:54pm · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini

      hahah…
      apolotuh Fenn…
      dunia mah.. ckckck..hehehe

      awak samo Kito nyo fen…

      hajar bleh.. ^^

      Tuesday at 11:03pm · Like
    • Akarui Feni Hahahaha… iyo nak ni, dunia tu nyo!!!! Apo lo tu!!!!!!

      ckckckc… 🙂

      Tuesday at 11:05pm · Like
    • Firnaliza Rizona unii.. ralat.. yg magang itu satu lagi si ipit di PMI.. bukan reren..ckck

      @feni: sepertinya uni ria yg pertamaaax..

      Tuesday at 11:22pm · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini Oh iya ipit…
      Reren juga za…Kami daftarnya breng2 waktu itu…

      Wah,Ni suka ngejek liza dulu gara2 mgangx di UKO..heh…
      Tp itu cool lo za..

      Tuesday at 11:28pm via Facebook Mobile · Like
    • Welly SajJaa Hhaha,,
      Flas back 3,5 tahun yg llu,,
      Mntap ai,,
      Bkin buku lgi ai,,sidejob :),,mana tw krna hobi mu bisa menghasilkan materi,,héhé:D héhé:D héhé:D

      Tuesday at 11:53pm via Facebook Mobile · Like
    • Hazrina Adelia salah lagi tuh, yg di UKS aku b2 reren….
      jd totalnya ada 5 org yg diterima magang…

      Tuesday at 11:55pm via Facebook Mobile · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini We: heheh…amin We…^^ mudah2an bisa diarahkan kasitu

      Mbak: oia…forget saiya… tapi mbak sama reren ujung-ujungnya ke Rabbani juga kan?? hahah… melarikan diri dari UKS…ckckck

      Tuesday at 11:59pm · Like
    • Welly SajJaa We jga diterima magang di fki rabbani,, dan dri sekian anak psik yg magang disana hanya diriku seorang yg lulus magang,,
      **

      Wednesday at 12:00am via Facebook Mobile · Like
    • Ninot Beelop Fastidious trnyata msi inged dgn na ^_^

      Wednesday at 12:00am via Facebook Mobile · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini hahah… ya ingettt donk Na…. makanya di tag….^^
      miss u Na..,
      i tadi lagi buka2 album lama…

      Wednesday at 12:02am · Like
    • Fitria Diumayani Anwar aini…hanya liza yg mengerti diriq, aini lupa y pit di PMI padahal kan tetanggaan qt….

      Wednesday at 12:12am · Like
    • Ninot Beelop Fastidious hhe . pazti belee bgd tu album-a ;p

      Wednesday at 12:14am via Facebook Mobile · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini ipit: heheh..maklum pit… memori lamo. tadi Ni sempat mikir2 juo sih, rasonyo ado yang lain selain kami ber3 ^^ tapi indak juo takana.maklum alah gaek pit.21 umua Ni kini *nal loh*

      Na: heheh..jaman Nina masih temok temoknya tuh

      Wednesday at 12:26am · Like
    • Dally Rahman Like this so much ai…
      Sangat terharu…
      Lucu jg! Hehe…

      Wednesday at 12:39am via Facebook Mobile · Like
    • Ninot Beelop Fastidious hha 😀
      ckrg ug masi kug . ;))

      Wednesday at 12:49am via Facebook Mobile · Like
    • Gege Gheghe Mantaaap ai…:)
      آمِيّ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّ m

      Wednesday at 8:34am via Facebook Mobile · Like
    • Vinda Soelviah Z bagussss banget buk dosen……………hihihihi

      Wednesday at 9:09am · Like
    • Na Mia amiin ya mujib….
      semoga harapannya tercapai..

      Wednesday at 9:21am via Facebook Mobile · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini aminnnn ya Rabb…

      Wednesday at 11:57am · Like
    • Nur’aini CahayaMata Aini We: eh iyo we seorang dulu yang lulus nyo ndak. yang lain lulus bersyarat…heheh..Mantabh we..

      Dally: hah… maapin kami ya Dal… sering ngerepotin dally

      Wednesday at 12:32pm · Like




Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Islamic Nurse, narsis nurses, Nursing Diary. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s