>Akhirnya Pindah Jugaa,,,(*Cerita Anak Unand yang sekarang pindah ke Unand) Welcome to the Jungle Guys!! :D

>

Akhirnya Pindah juga…

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas akhirnya mendapatkan tempatnya juga di sudut kompleks Universitas Andalas. Sebuah rencana yang selama ini selalu berstatus “insyaALLAH” akhirnya benar-benar telah Allah izinkan…

20 Januari 2011 merupakan tanggal bersejarah bagi angkatan 2007 karena kami adalah angkatan pertama dari program Studi S1 Keperawatan Unand yang mem”bismillah”-i pemakaian kampus tersebut untuk seminar kasus preklinik KGD. Sedangkan Pasca Sarjana Keperawatan (S2 Keperawatan) *yang baru dibuka tahun ini* sudah menempati gedung baru ini sejak beberapa waktu lalu.

Sebenarnya penggunaan secara resmi gedung baru PSIK dimulai tanggal 22 Januari (tadi PSIK udah beres-beres di gedung baru).

Yup, akhirnya anak-anak UNAND ini merasakan kuliah juga di UNAND!!!! Jadi anak Unand seutuhnya… *hah,istilah apa ini!

So How????

Bukan bermaksud ber-euforia dengan tulisan ini, namun menurut ku dan menurut pendapat teman teman, pemindahan kampus ke lokasi yang baru ini really really SOMETHING NEW and GREAT.

Ok, mari kita bedah kelebihan dan perbedaannya dari kampus lama…

Pertama, gedungnya lebih besar (of course), ada 5 lantai, dan masing masing ruangan dinamai dengan nama nama ahli keperawatan dunia. Seperti Florence Nightingale, Calissta Roy, Betty NewMan,dll. Beberapa ruangan sudah dimodif sebagai tempat tutorial, jadi kelasnya bersekat-sekat yang hanya bisa dipakai oleh satu kelompok tutorial. (walaupun masih ngeri kuliah di lantai atas, setidaknya jika gempa terjadi kita-kita gak perlu repot berlarian ke sana kemari menghindari ancaman tsunami)

Kedua, lokasinya yang di kawasan kampus Unand di Limau Manih (atau bahasa kerennya Jerman–>Jeruk Manis), yang nota bene berada di tengah perhutanan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Seperti lagi berdiri di Ngalau Indah dengan pemandangan ngarai Sianok (*halah lebay, padahal yang keliatan pabrik Semen Padang tuh..hehe). Tapi serius kok, angin dan pemandangannya sejuk banget. I mean, gak ada lagi orang orang China dengan pakaian seadanya yang mondar mandir di depan kampus.

Jadi, ibaratnya suatu proses transmigrasi from the ToWn to the Jungle *anak Unand pada protes, Unand bukan hutan tapi Bukit!!* … hehehe,

Kalau biasanya kuliah di Pondok yang khas dengan wewangian pecinaan, kadang bau kwetiaw digoreng, bau-bauan khas yang belakangan baru terindentifikasi sebagai bau b*bi dimasak, bau dupa dan bakar2an umat Budha, nah kalau di Kampus atas, udaranya really really natural. Kayagnya di sini kelebihan oksigen deh, bagus untuk RJP… ^^

Yang pasti bikin otak fresh dan nafas gak sesak. Yup, udaranya sejuk. So walau gak pakai kipas angin atau AC sekalipun, kenyamanan dalam temperatur ruangan kayagnya sudah dimiliki kampus ini.

Ketika di kampus Pondok kita lebih sering mendengar bising lalu lintas (deru mobil, suara musik dan klakson angkot), di kampus baru justru yang menemani adalah kicau burung dan suara jangkrik dan suara Swing swing khas perhutanan laiinnya…

WALAU…

Ada efek negatifnya kalau pindahan. Yaitu jarak ke M.Djamil jadi semakin jauh. Padahal adek adek yang memakai kurikulum SCL udah ke RS di semester 3. (Semoga RS Pendidikan Unand segera kelar).

Kalau zaman-zaman kuliah di Pondok masih bisa nyantai nyantai saat mau berangkat ke kampus (Masuk kuliah jam 8, berangkat dari rumah jam 8 kurang seperempat) tapi kalau sekarang masuk kuliah jam 8, jam 7 udah mulai standby di jalan nunggu Bus kota…. hoho…

Kalau angkot merah ke Pondok lagi mogok narik,kita bisa mengusahakan ke kampus pakai sepeda,jalan kaki, atau naik ojek. Tapi kalau ke Unand??? haddehh…jangan sampai angkot hijau/bus kota pakai acara mogok2an…bisa-bisa kami pada ambil jatah semua.

Yup, Akan “agak” susah mencapai kampus ini jika kita tidak memiliki kendaraan motor sendiri. Tentu, juga akan sangat susah jika mengandalkan sepeda untuk ke kampus karena gedung baru ada tanjakan yang agak tinggi 😀

Ok, mahasiswa PSIK juga akan ikut merasakan “serunya” rebutan dan berdesak-desakan di bus kampus. Haha…kalau naik bus kampus, pastikan berangkat 30-40 menit (kalau tidak mau datang terlambat) sebelum perkuliahan dimulai, karena kita akan diajak berputar putar dulu menyusuri komplek Unand sampai mentok ke Politeknik, baru ke bawah…untuk kemudian turun di simpang tiga dekat Mesjid Nurul Ilmi (*jadi penghuni terakhir di bus kampus), dan berjalan ke jalan yang sebelah kiri kira kira 200 meter.

Dan taaadaaaa,,,, sampai lah Anda di lokasi gedung kampus khusus PSIK. Yap, insyaAllah nanti gak perlu kuliah di gedung kuliah bersama seperti fakultas lain. Tapi kuliah di jurusan sendiri. Dalam artian, sama aja dengan kondisi sebelumnya, akan jarang berinteraksi dengan komunitas mahasiswa lain.

Namun kepindahan ini memiliki efek positifnya juga… Pertama, akan sangat gampang untuk mengurus hal hal yang berbau keakademikan yang menyangkut rektorat (tapi akan sangat jauh dengan dekanat), and stuff like that. Kedua, bagi adek adek yang magang or ikut OR UKM, gak susah susah lagi musti mengembara dari laut ke pantai. Ketiga: “ALASAN JARAK JAUH” gak bisa lagi dipakai sebagai uzur untuk tidak mengikuti Tasqif di MNI. Lah tiap hari bakal lewat situ kok…hehe.

Keempat: akan sangat mudah untuk ikut agenda agenda kemahasiswaan berskala Unand…biasanya kalu mau ikut acara acara di Unand musti mikir dulu berkali-kali, mengingat perkuliahan yang Unschedule dan jarak serta waktu tempuh yang lama.* banzaaaiii…..

Dan ada pihak-pihak yang *mungkin* akan dirugikan. Seperti Bapak yang jualan Buah di kampus. Beliau mulai jualan di PSIK sudah sejak lamaaaaa banget.. sebelum Ni jadi mahasiswa bapak tuh udah jualan juga di PSIK. Buah adalah konsumsi utama dan jajanan terfavorite (karena adanya cuma itu) anak anak PSIK.

InsyaAllah katanya Bapak tuh ikut ke atas. Tapi Unand itu kan medaki. Kayagnya kalau Bapak cuma memakai sepeda akan terlalu capek. Mudah-mudahan gerobak sang bapak buah udah diganti dengan yang ber- motor nanti. Amin ya Rabb…

Begitu juga halnya dengan ibuk yang jualan lontong, ibu yang jualan soto, Bapak yang jualan sate, di depan kampus. Hmm… kayagnya akan kehilangan langganan dari mahasiswa…

Kemudian, yang kasihan lagi para sopir angkot merah. Mahasiswa PSIK kan udah pada dikenal sama sopir-sopir ini, Nangkring aja di depan Minimarket Singgalang atau depan Batagor Ihsan, udah langsung dicurigai mau ke Simp.6 atau ke kampus. Hmm… next time, mungkin langganan angkot merah akan merost… sabar ya pak..

Semoga Allah senantiasa mencurahkan yang terbaik untuk PSIK. Dan dengan segala fasilitas yang ada, kualitas Keperawatan Unand bisa semakin di up grade. Amin ya Rabb….

Dan selamat tinggal kampus lama. Well akhirny kami menyadari, bahwa kami sangat menyayangi kampus ini. Karena sudah banyak cerita dan karya yang terukir di sana.

Kami pasti akan merindukan untuk berkunjung kembali ke sana…

WELCOME TO THE JUNGLE GUYYSSS……….!!!! THIS IS OUR NEW HOME…

****psssttt… Jadi uang kuliah kita kita naik apa nggak nih Pak Buk semester ini???

Ok, ini lah gedung Power Rangers PSIK, yang insyaAllah *on the progress* to be FAKULTAS…aminn ya Rabb…

ini gedung kayak mainan aja kalau diliat liat…

Tidak akan ada lagi walking together menyusuri belantara Kampung Pecinaan…

Huaaa…. Akhirnya kami menyadari kami mencintai kampus ini!!!

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Islamic Nurse, narsis nurses, Nursing Diary. Bookmark the permalink.

One Response to >Akhirnya Pindah Jugaa,,,(*Cerita Anak Unand yang sekarang pindah ke Unand) Welcome to the Jungle Guys!! :D

  1. rangtalu says:

    >selamat datang di kampus unand..ada award untuk penyemangat menulis di blog.. silahkan di ambil.. semoga bermanfaat..http://rangtalu.wordpress.com/2011/02/12/dua-award/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s