NgeBlog ASikk… (*Sebuah Pengantar)

NgeBlog ASikk…

Note ini sengaja Ni tulis khusus untuk teman-teman yang beberapa waktu lalu bertanya-tanya, sekaligus teman teman yang mungkin berniat untuk bertanya tentang dunia perblog-an kepada zonacahayamata (*peDe banget yah). Sorry jiddan buat teman jika selama ini Ni menjawab pertanyaanya gak maksimal,selalu dengan redaksi yang berbeda-beda. So that, dengan adanya note ini, diharapkan jika kelak ada yang berniat untuk menanyakan sesuatu, Ni punya alternative jawaban komplit dengan ngirimin link postingan ini aja (Ide cemerlang! 😀 #tossh!!)

Oh ya, sebelumnya maaph juga jika postingan ini ‘agak bersifat nge-spam’ a.k.a “menyampah”. Sungguh tiada niat untuk melebih-lebihkan, hanya menulis sesuai dengan apa yang mengalir di cerebri ini. (*senyum super duper lebar :D).

Ok, insyaAllah note ini bakal dibagi ke dalam beberapa part. Semoga gak bosen yah ngebaca dan berkunjung ke sini (*senyum lagi)

Kita awali pembahasan kali ini dengan bismillahirrahmanirrahimmm…

1.Apa itu Blog???

Menurut wikipedia.com, BLOG merupakan singkatan web log, yaitu sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Pada perkembangannya, blog ibarat diary on line karena si penulis bebas mengutarakan apa saja. Baik itu curhatan hatinya, opini terhadap sesuatu, puisi, cerpen, atau review buku dan film, maupun pengalaman yang dialami penulis di dunia nyata. Sifatnya terbuka untuk dibaca siapa saja yang tertarik masuk ke dalam blog tersebut dengan memasukkan kata kunci yang berkaiatan dengan tulisan tersebut.

2.Kenapa harus nge-blog??

Ok,ini pertanyaan paling mendasar yang mungkin terlintas di benak teman teman ketika melihat ada sobatnya yang baik di waktu sempit maupun lapang selalu menyibukkan dirinya untuk ber-blog ria. Ada beberapa alasan yang berhasil diidentifikasi kenapa seseorang harus nge-blog! *according to me nih ya,,,

Pertama: Karena hobby nulis.

Yap, salah satu kebutuhan dasar manusia menurut teori Maslow adalah kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. Kadang ada orang yang tidak PeDe dengan kemampuan menulisnya, ataupun yang merasa kualitas tulisannya masih setengah-setengah (kadang bagus kadang gak, tapi lebih sering gak bagusnya sehingga kalau dikirimkan ke media lebih sering ditolak karena dianggap tulisan sampah *hadeuh kasihan sekali) dan belum sanggup jika buah pena-nya harus dibaca public ranah dunia nyata *beraninya baru Cuma di dunia maya*

Seperti yang pernah disampaikan oleh seorang penulis dalam sebuah seminar kepenulisan, tulisan itu jika tidak dipublish atau di share ke yang lainnya, maka hanya Allah dan penulis-lah yang akan tau. Sehingga tidak ada nilai manfaatnya.

So, the conclution is, blog bisa dijadikan sebagai wadah yang akan memfasilitasi buah keyboard kita (nulisnya pakai kompi, gak pakai kertas lagi) sekaligus menjadikannya sebagai digital library kita. Ingat Raditya Dika? Blogger pertama di Indonesia yang sukses mengangkatkan tulisan ‘geje’ nya sebagai sebuah buku bahkan menjadi film. Tak peduli bakal dicemooh atau dipuji habis-habis-an, yang penting setiap karya yang tertuang bisa kita abadikan dan yang pastinya jika bertahun tahun kemudian pengen nostalgila, tinggal buka blog kita aja…

Bayangkan nanti kita bisa bercerita kepada kepada anak cucu kita,”Eh, jaman jaman kakek dulu, kakek eksis dan gahoel lo. Gak percaya? Coba deh baca blog kakek…hehe” Keren gak tuhhh….

Coba kalau kita Cuma nyimpan dalam bentuk hardcopy hasil tulisannya atau soft copynya doank, kemungkinan hilang, lapuk dimakan rayap, hancur dihabisin virus-nyatinggi. Kalau jaman jaman dulu sih, setiap hasil tulisan biasanya dibarter dengan teman sebangku, sahabat dekat, atau dikirim ke majalah. Tapi sekarang, tulisan kamu bisa dibaca oleh orang orang sedunia melalui word wide web. (mana tau salah salah Ratu Inggris yang nyasar ke blog kita *menghayal!).

Yap, orang orang hebat memiliki biografi mereka sendiri. Kita? Daripada gak ada yang mengabadikan kisah hidup kelak ketika kita sudah meninggal, mending kita tinggalin prasasti dan hasil pemikiran kita lewat jejaring blog ini. Jadi kelak anak cucu para handai taulan bisa mengenang kita lewat tulisan di duniya maya (*gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan blog #ngasal! )

Resiko kehilangan tulisan di blog palingan : satu, karena lupa nama alamat blog, dua, ada hacker iseng yang menghapus blog kamu, tiga. Kamu hilang ingatan (amnesia) jadi lupa username, empat: admin blognya ngeblock kamu. Dan kemungkinannya sih agak sedikit tipis. Dengan searching di google biasanya kita bisa menemukan tulisan kita lagi (jika masih ingat keyword/tag nya).

Selain itu blog juga bisa dijadikan sebagai sarana bisnis! Promosi produk, sharing bahan kuliah, dan pastinya juga bisa berdakwah donk! Tergantung niat dan tujuan kita mau mengarahan konten blog kita untuk apa.

Tapi juga musti diingat, jejaring social ibarat pisau bermata dua, ada bagian tumpul dan ada bagian tajamnya.Sekarang tergantung kita bagaimana menggunakannya agar pisau yang kita punya bermanfaat untuk memotong buah atau daging dan tidak balik melukai kita. (membawa mudhorat).

3.Memilih domain blog gratisan yang tepat.

Sebenarnya tidak ada aturan baku harus memilih domain gratisan yang seperti apa. Berdasarkan pengetahuan penulis yang cukup ‘cetek’ ini, ada beberapa alternative pilihan domain blog yang banyak digunakan para blogger mania. Let’s cekidot!

  • *Blogspot

Blogspot merupakan salah satu domain yang banyak dikonsumsi blogger. Salah satu keunggulan blogspot adalah pada kebebasan kita mengotak atik tampilan dan menu pada blog. Di blogspot banyak tersedia widget widget dengan variasi hiasan yang bisa kita modifikasi sekreatif mungkin (untuk beberapa trik menghias blog, akan dikupas pada postingan berikutnya). Selain itu blogspot juga memiliki design template yang bermacam-macam. Menggunakannyapun cukup mudah dan simple.

  • *Wordpress

Salah satu keunggulan wordpress adalah kemudahan nya untuk diakses karena templatenya yang simple dan tidak terlalu heboh, dan WP sangat mudah untuk diakses via mobile internet. Karena otomatis tampilannya akan menyesuaikan dengan kapasitas loading internet Hp. Berbeda dengan blog, jika teman teman mencoba membuka blog dari opera mini di Handphone, mungkin agak “berat” dan “lola” kali ya. Karena mereka akan menyesuaikan tampilan seperti tampilan yang ada di kompi. Selain itu WP sepertinya juga lebih mudah teridentifikasi oleh para googler. Hmm, kalau berdasarkan pengalaman penulis nih, jumlah rating kunjungan ke WP selalu lebih banyak dari pada blogspot walaupun Ni sendiri sebenarnya lebih eksis ngurusin si blogspot.

Salah satu kelemahan WordPress, adalah pada keterbatasan kita untuk mendesign tampilan (template sudah disediakan dan terbatas) dan keterbatasan untuk menambahkan widget widget tertentu.(Pada WP, ada kode kode html widget tertentu yang tidak bisa diidentifikasi)

Yah, mungkin sesuai dengan karakteristik WordPress kali ya yang lebih bersifat ngebisnis untuk para eksekutif. (*saya juga gak terlalu ngerti dah).

  • *Multiply

Dibandingkan Blogspot dan WordPress, memang MP (baca: Multiply.red) lebih komplit dan canggih. Bahkan di MP kita bisa menambahkan serta mengkoleksi album photo, video, list musik sendiri (hal ini tidak bisa kita lakukan di Blogspot dan WP kecuali menambahkannya di page atau postingan tertentu). Design templatenya pun rame dan keren-keren. Tergantung selera pemakai. Tampilannya bisa kita atur sedemikian rupa, gak hanya mejengin tulisan atau note note aja, tapi mungkin yang ditonjolkan adalah picture-picture di album photonya, komen-komen-annya, and stuff like that. (kalau untuk bisnis atau jualan produk, bagus sekali jika memakai MP ini)

Oh ya,di MP ini kita juga bisa chating dengan sesama member MP yang udah jadi friend kita! Ketika OL, kita bisa melihat indikator berapa orang friend yang juga lagi OL. (sebelum fasilitas chatingan lewat FB muncul, MP sudah memfasilitasinya terlebih dahulu).

Tapi ada beberapa kelemahan dari MP.Diantaranya, susahnya mengakses MP (terutama bagi pengguna internet yang kecepatan loadingnya bisa dibilang “merangkak”). Mungkin karena kontennya yang penuh juga kali ya. Kemudian terbatasnya jumlah pengunjung yang bisa meninggalkan komentar.Yap, yang bisa ngomen di MP hanyalah mereka- mereka yang tergabung dan punya lapak di kompleks perumahan MP.

  • *Tumblr

Tumblr ini setahu penulis juga jarang digunakan (apa mungkin karena menyebutnya yang susah ya??? Tumbler!*entahlah). Tapi pada kalangan tertentu lebih suka memakai tumblr. Salah satu keunggulan Tumblr adalah beberapa fasilitas postingan yang beda dari yang lain. Ex: di tumblr ada pilihan untuk mengupload foto dalam bentuk slide show, quotes, mengupload video tanpa kode-kodean, dsb. Kelemahannya, Tumblr ini butuh trik khusus agar gampang terindentifikasi dan kita bisa memilih apakah orang orang bisa meninggalkan jejak komennya atau nggak.

  • *Blogdetik

Salah satu fasilitas blog yang disediakan oleh detik.com. Tampilannya hampir mirip dengan blogspot tapi cara mengoperasikannya lebih mirip dengan WordPress.

  • *Blog.Unand.ac.id

Hoho,gak banyak pembahasan lah untuk pilihan yang satu ini. Cara mengoperasikannya hampir sama persis dengan WP, namun sayangnya basis blog unand ini masih rentan. Kadang bisa diakses, kadang nggak. Dan juga lebih sering galatnya. Tapi sebagai warga Unand yang baik dan benar, gak ada salahnya juga kita ikut meramaikan jagat per-blog-an di Blog.unand. Yahh… dalam rangka menuju Unand yang berbasis IT demi terwujudnya World Class University.

  • *DeviantArt

DeviantArt lebih cendrung kepada komunitas seni yang mengkoleksi hasil hasil karya para seniman dan designer. Di DeviantART ada macam-macam jenis karya seni, Dari fotografi, karyaseni digital, karya seni manual, dan sebagainya. Di komunitas ini kita bis amendapatkan komentar komentar dari member lain. Namun DA ini ‘agak’ kurang terkenal dan sepertinya juga jarang dipakai (mungkin karena fungsinya yang spesifik).

  • *kaskus.us

Yap, di forum yang satu ini kita juga bisa ngeblog sekaligus mendapatkan banyak perhatian (*baca: komen) dari para kaskuser terutama jika thread (atau kalau istilah bloggingnya: postingan) kita cukup menarik perhatian para kaskuser lain. Yeah, seperti yang sudah diketahui juga komuniti kaskus ini juga banyak digemari, terutama karena ‘adat-istiadat’ nya yang agak berbeda dari yang lain (*bikinan orang Indonesia asli gan!), *dan lebih sering bikin kita ngakak lihat komen2annya. Kalau mau cepat terkenal, bikin aja postingan “controversial”, bakal disundul terus sama pengunjung sehingga menaikkan rate threadnya.

Ok, mungkin itu saja jenis jenis domain gratisan yang bisa saya share kali ini, sebenarnya masih banyak yang lain. Dan kalau ada yang punya rejeki lebih, bisa beli web host sendiri. Sekarang udah ada yang harganya Rp 80-100 ribuan setahun. Tapi kalau masih belum bisa mengelola dengan baik, mungkin cukup belajar dari blogging gratisan aja dulu. 😀

4.Memilih nama blog!

Mungkin ini hal yang remeh, namun cukup memiliki pengaruh dalam rangka mencapai popularitas blog. Tips: pilihlah nama yang menarik, simple, dan gampang diingat oleh orang (jadi gak perlu ngafal 7 hari 7 malam dan mengeja satu persatu huruf dalam nama blog demi mengingatnya). Kan gak seru juga kalau nanti ada yang nanya,

”eh, alamat blog kamu apa?”

“cahayamata-zone.blogspsot.com , antara cahayamata dan zon dipisahkan oleh strip ya. Trus ‘zon’ nya itu tulisannya Z-O-N-E” *c.p.d*

(yang akhirnya mengakibatkan orang orang illfiil untuk buka blog kamu, dan kita sendiri malah kerepotan untuk mengejanya, apalagi kalau kamu memilih jenis tulisan alay sebagai nama blog seperti: c3mungudhEa4.blogspot.com, huah bakal kerepotan mengejanya). Dengan abjad yang baik akan lebih mudah diidentifikasi oleh search engine.

5.Tentukan karakter konten blog

Yap, teman teman mau bikin blog ber-genre apa?

Misalnya: bagi yang doyan nulis mungkin bakal dipenuhin oleh opini-opini, puisi, cerpen, dan karya karya tulis-nya.

Bagi yang hobby belajar (ada ya jenis hobby belajar?? Mau lah belajar dijadikan hobby *gak penting) bisa ngepost bahan bahan kuliah, paper, dan tugas-tugas kuliahnya.

Yang hobby kuliner mungkin ngisi dengan resep2 makanan dan tempat2 kuliner.

Yang hobby photographi blognya penuh dengan hasil jepretan yang keren-keren.

Yang hobby berdakwah, share ilmu ilmu tentang islam,

yang hobbynya ngopas, yah, postinganya gak terlepas dari kopas-san blog lain.

Atau ada yang bingung menentukan tema blognya? Ya udah bikin aja genrenya jadi campur sari. Mulai dari opini, artikel copasus (copy paste tanpa kasus), bahan kuliah, tugas kuliah, jepretan, hasil karya, lirik lagu (mulai dari nasyid sampai OST anime), termasuk hal-hal geje diposting di sana (**lirikzonacahayamata.blogspot.com). Yap, it’s up to you guyss… tapi perlu juga diperhatikan azas kebermanfaatannya bagi public yahh *supaya berkah gitu lo*

6.Patuhi adab ber-blogging-an

Disadari atau tidak, dunia maya telah melahirkan bentuk komunikasi baru. Silaturrahim, beramah tamah, bertegur sapa, menyampaikan pesan, bertukar informasi, dan mendapatkan teman baru, betapa mudahnya untuk dilakukan. Duduk di depan computer, terhubung dengan internet, klik, seluruh dunia dapat dijangkau hanya dalam sekejap. Bahkan kini, cukup dengan handphone dalam genggaman, semua model komunikasi yang kini tenar dengan nama jejaring sosial atau pertemanan makin menghidupkan dunia modern ini.

Namun, berkomunikasi dalam dunia maya tetap ada aturan yang tak bisa disepelekan. Dalam dunia nyata, kita mengenal adab interaksi. Menjaga lisan, menjaga pandangan, dan menjaga perilaku. Begitupun dalam dunia maya. Hal ini perlu diperhatikan Karena karakter dunia on-line seperti itu terbuka. Maka bergaul di ranah maya sebagaimana di ranah nyata tetap saja ada rambu-rambunya.

Satu hal yang kadang melalaikan seseorang ketika berinteraksi dalam dunia maya adalah adab. Sesungguhnya adab-adab berinteraksi dalam dunia nyata berlaku sama ketika kita memasuki dunia maya. Yang membedakan hanya kemudahannya saja. Namun kadang hal itupun luput dari kesadaran kita, entah karena lalai, keasyikan, atau memang tidak meyadari pola interaksinya. Sehingga seringkali terjadi, dalam dunia maya pun timbul konflik yang muncul dari buruknya cara berinteraksi. Merasa tidak bertatap muka langsung, yang terjadi adalah lepas kendali dalam menuliskan kata-kata.

So, jangan sembarangan nulis atau meninggalkan komentar tentang sesuatu yang akan menyakiti perasaan orang lain.

Selain itu adanya adab untuk menghargai hasil karya ornag lain. Penting untuk diperhatikan oelh blogger semua, ketika Anda mengcopass artikel atau ide ornag lain, maka cantumkanlah sumber aseli darimana kita mendapatkan artikel tersebut.Sehingga tidak terjadi yang namanya plagiat yang berkesinambungan.

DIPERLUKAN Kondisi Ruhiyah yang BAik

Mengedepankan adab islam, inilah salah satu sikap bijak dalam menggunakan akun jejaring sosial. Lantas bagaimana adab islam memanfaatkan jejaring sosial dunia maya ini?

Pertama tentulah dimulai dari niat. Itu yang harus diluruskan. “Sepertinya sepele. Masak mo ngeblog aja pake niat. Tapi kita memang harus memulianya dengan niat menebar kebaikan supaya menjadi amal sholeh.

Sayang memang, apabila teknologi secanggih ini tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya, hanya dengan mengindahkan adab pertemanan. “Terkadang mengabaikan etika sehingga teknologi tidak membantu menjadi lebih baik malah menimbulkan efek negative

Memang karakter jaringan sosial adalah sangat bebas. Baik buruknya tergantung pemakai. Maka untuk terhindar dari efek negative maka kita harus memilki “self control” yang kuat. Self control yang kuat dapat kita peroleh lewat tarbiyah yang intensif. Dengan tarbiyah ruhiyah nurani kita akan peka dengan keburukan-keburukan yang mungkin muncul sewaktu kita menggunakan jaring sosial.

“Ruhiyah yang baik akan melahirkan mata hati yang bersih yang peka dengan keburukan. Kepekaan ini sangat perlu karena dalam jaring sosial batas antara Sombong, narsis, atau tidak, sangat tipis. Dan hanya hati yang bersihlah yang mampu mendeteksi dan membedakan apakah tindakan kita wajar atau tidak.

Okeh Friendfillah, anggap postingan kali ini sebagai pengantar karena banyak hal yang musti saling kita share…

Wassalamualaikum wr wb.

Daftar Pustaka

Aini.2011.Ngeblog Asiik (Sebuah Pengantar).Padang: http://zonacahayamata.blogspot.com/

to be continued….


Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in OpIni.... Bookmark the permalink.

2 Responses to NgeBlog ASikk… (*Sebuah Pengantar)

  1. faizulfikri says:

    weiksss..banyak amat blognya uni?
    -____-“
    update semua kagak tuh?
    jangan-jangan cuma jadi partisipan pasif aja, habis sepah manis dibuang.
    *lohh?!

    saya juga pernah ditanya, asiknya ngeblog apa sih chal?
    dan saya cuma cengar-cengir aja, ga tau juga kenapa bisa keranjingan banget sama jejaring sosial yang satu ini.

    tapi mungkin salah satu alasannya udah disebutin uni di atas deh.
    top dah pokoknya.
    c3mungudh Ea4 uNi 4iNi…
    😀

  2. hahahaha..
    ya aktif lah
    Tapi yang paling update itu blogspot,WP,Tumblr,blog unand
    yang lain cuma import dari blog utama uni—> blogspot..

    yoi banyak efek positip juga pasca ngeblog (*ada di postingan “Super bonus dari KEisengan Menulis Part 2”)

    sipthh sipthh Andii juGah Cemungudh yaahh *hueks,,,heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s