#Kisah3, Dunia ituuu…. selebar layar LCD Jendral!!!

FYI saat ini aku sedang menjalani praktek profesi keperawatan di RSJ Padang. Minggu pertama adalah dinas di poliklinik ruang anak remaja dan poli rawat jalan. Entah darimana datangnya, tetiba ada seorang  pasien Jiwa yang sudah mulai sembuh datang bermain-main(?) ke ruang poli Anrem. Dan kemudian berbincang-bincang dengan salah seorang mahasiswa keperawatan di sana. Dari gestur dan gaya berbicaranya, aku sudah menduga ia salah seorang pasien di sini, walaupun tampilan berbusananya tidak sama dengan pasien umum di bangsal-bangsal.

Tanpa kuminta, mahasiswa keperawatan *yang duduk di dekatku* langsung bercerita jika pasiennya itu adalah mahasiswa juga. Sekarang sudah cukup sembuh dan ternyata dia dulunya seorang aktivis kampus.WOW! #kaget #surprise. Ia pintar, dan senang menyapa perawat dengan bahasa Arab dan Inggris. Jika ada yang tidak mengerti dengan bahasa arab yang diucapkannya, dengan senang hati akan diajarkannya.

Hari berikutnya, pasien itu kembali bermain-main ke ruang Anrem, dan demi melihat jilbabku *yangMenutupiSampaiBatasAbdomen* ia terlihat terkesima dan spontan menyapa: “Kakak ukhty ya?? Jilbabnya dalam. Khaifa haluk kak??”. Aku yang tiba-tiba disapa kontan kaget namun beberapa saat kemudian bisa menguasai keadaan. Ia mulai sok akrab bertanya aku anak forum atau bukan, kemudian tanpa ditanya ia mulai bercerita kalau dia di kampus juga aktif di Forum sebagai anggota Departemen Syiar Islam. Oh ya??? Aku mulai tertarik mengetahui kisah-kisah pengantar kenapa kemudian ia bisa masuk ke RS ini. Kami tak lagi berkomunikasi sebagai perawat dengan pasiennya, tetapi sebagai seorang kakak dan adik.

Karena dia mengatakan dulunya anggota Forum, untuk meyakinkan, aku menanyakan beberapa nama teman dan adik kelasku yang kutahu aktif juga di forum yang sama. Wew…. Dia mengenalnya sodara-sodara! Bahkan sudah menjadi teman dekat dan salah satu nama yang kukenal lewat fesbuk ternyata pernah menjadi murobbiynya. Yang menggelikan dari pertemuanku dengan pasien ini adalah ternyata kami memiliki mutual friend yang cukup kukenal di FB.

Haha… selanjutnya obrolan kami terkait masalah kegiatan forum. Sayangnya, ia sedikit memiliki waham kebesaran dan kadang suka berhayal dirinya adalah seorang tokoh pembela Islam *yangNamaNyaKulupa*. Dan tentu saja kami beramai-ramai kembali mengorientasikannya kepada realita. Hoho…

Dengan lucunya, ia mengajak berkenalan beberapa teman perempuanku dan bersalaman. Demi melihatku yang melototinya, ia meminta izin,”Gak apa-apa kan kak?” Tentu saja aku menggelang dengan arti: tidak boleh! Kemudian dia membela : “Tapi kakak ini gak tau kak” *maksudnya ia mengatakan temanku tidak tahu tentang hukum bersalaman antara laki-laki dengan perempuan itu adalah dilarang. “Tapi kamu kan tahu dan ngerti”. Hahah… tidak bisa disalahkan juga, walaupun ia seorang pasien, tetapi bagiku ia tetap seseorang yang paham agama dengan baik. Bagiku wajib untuk memperlakukan semua orang sebagai seseorang yang normal. Walaupun ia belum sembuh total, tetapi pemahaman agamanya cukup bagus.

Selanjutnya, dia yang menegurku,”Kak Aini, habiskan makanannya, mubazir lo kak!” “Ehh kakak masih Liqo’kan???” *jleb* Dia adalah pasien kedua yang membicarakan tentang Liqo kepadaku. Dulu juga pernah ada pasien yang menanyakan hal serupa gegara jilbab yang kukenakan (cek postingan INI) .  Emang Hijab sesuatu yahhh ^^

Hah! Ini kejadian kesekian kalinya dalam hidupku dimana aku menemukan teman-temanku di dunia maya dengan cara yang unik di dunia nyata. Dan di RSJ ini salah satunya.

Selain dengan pasien Jiwa ini, aku juga menemukan seorang teman lain yang sempat kukenal di dunia maya melalui FB dan Blog, seorang anak Farmasi Unand yang juga dinas praktek profesi apoteker di RS ini. Pertemuan kami terbilang unik dan membuat surprise. Yah, semacam ada feeling kali ya. Kami bertemu di Mushola dan aku sempat ingin meminjam Mukenanya, melihat tampilannya, aku sudah berpikir “kemungkinan besar aku kenal nama ini orang” Yak, kenal nama doang. Maklumlah, aku juga tidak terlalu mengenal wajah sahabat-sahabat akhwat mayaku karena kalau akhwat kan jarang mamerin potho gitu yah. ;p Dan kami sebelumnya memang belum pernah bertemu.

Karena masing-masing kami sedang tidak pakai nametag, makanya belum saling sadar. Sampai akhirnya teman-teman sekelompok profesiku bersorak-sorak memanggil namaku,”Aini…Aini itu ada oleh-oleh dodol kentang,nanti ambil ya” “Aini…Aini, udah di print absen kita? Dan demikianlah… akhirnya ia duluan yang mengenaliku…

“Aini…????” *dejavu*

*kulirik nametagnya*

 “wahhhhhh….ini ….“ bla bla bla…

Selanjutnya kami saling tertawa akrab, tidak menyangka ternyata telah mengenal di dunia maya. Komentarnya: “Cuma kenal Aini lewat FB dan tulisan blog eh gak taunya ketemu di sini… :D” “Diriku juga tidak menyangka teman…. Penasaran juga ingin lihat wajahmu secara langsung. Sekarang tertuntaskan sudah rasa penasaran itu”

Demikianlah… kamipun dipertemukan di tempat ini. Dramatis memang. 😀 Selama ini biasanya aku sering bertemu secara tidak sengaja dengan teman-teman dunia maya di agenda-agenda kampus atau walimahan, atau acara gathering teman-teman… eeehhh… ini ketemunya malah di Rumah Sakit. Rumah Sakit Jiwa lagii… sesuatu yeeee… hehehe

Ternyata benar. Dunia itu selebar layar LCD Jendral…!!  😀

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

10 Responses to #Kisah3, Dunia ituuu…. selebar layar LCD Jendral!!!

  1. Wah, kok bisa begitu?
    Ternyata kalau akhwat bisa langsung dicurigai ngisi liqo’at ya? Hehehe… Tapi udah ngisi liqo’?
    Ah, pengalaman yang menarik…

  2. fae says:

    amak, berarti ikhwan tu masih angkatan mudo yo? caritoan lah baa nyo bisa suman tu?
    tertarik ha bahasanya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s