Malam Ketika Mati Lampu

Catatan Kecil 17 Maret 2012

Aduhai…. Tetiba listrik mati tanpa sebab yang jelas. Bukan hanya disini, tapi satu kompleks mati semua. Malam-malam tanpa listrik, dan kabar buruknya batray netbook habis, HP lowbath, ini betul betul membuatku mono tidak tahu harus melakukan apa. Awalnya ingin mengungsi ke kos temanku di Tarandam, tetapi disana tidak lebih baik. Ahh…. ini tidak biasanya. Di wilayah kos-kosan kami yang notabene sejalur dengan RS BMC dan RSB Bunda amat sangat jarang *boleh dikatakan tidak pernah* mendapatkan yang namanya giliran pemadaman listrik. Wallahu’alam.

Kuputuskan untuk mengumpulkan semngat menulis sesuatu di buku diary ini. Menulis apa saja, yang membuatku bisa menghabiskan waktu sebelum akhirnya mengantuk dan lilin inipin habis terbakar.

Berbicara tentang mati lampu, aku jadi ingat rumah. Di rumah kami di kampung sana, ketika kami masih kecil-kecil sering mendapatkan agenda pemadaman listrik. Biasanya ketika lampu padam, kami akan langsung tidur di kamar masing-masing atau berkumpul di ruang tamu, berbicara dan menceritakan apa saja satu sama lain. Ibu dan nenek yang tinggal di rumah sebelahpun akan berkumpul di rumah kami untuk memecah kesunyian malam.

Malam mati lampu, keluarga berkumpul, maka akan dimulailah perbincangan, petatah petuah, berbagai rupa nasehat untuk kami anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang.

Dan Ama akan memanfaatkan situasi ini dengan mengambil tumpukan kain kering selesai dijemur untuk kami lipat secara berjamaah sambil bercengkrama. Tapi ahhhhhhh……. aku selalu benci kegiatan melipat-lipat itu, dan hanya akan bermain main saja dengan tumpukan kain. Tapi ternyata Ama sangatlah cerdas. Segera beliau akan memilah milih pakaianku dengan pakain saudara-saudaraku dan kami harus melipat tumpukan kecil kepunyaan masing-masing. Jadi tidak ada alasan untuk kabur dari tanggung jawab.

Aiiih,,,, jika mengenang masa-masa itu, aku hanya bisa tersenyum kecil sambil menahan rindu akan kehangatan keluarga. Tak jarang pula kami di gelapnya malam berkumpul di kamar Ama. Bercengkrama sambil rebutan tempat mencapai posisi terdekat dengan Ama di atas kasurnya yang hanya dua pilah itu. Di sinipun pertengkaran antar saudara kerap terjadi sampai akhirnya Ama dengan sabar melerai kami.

Ama suka jika anak-anaknya berkumpul di dekatnya. Entah apa yang ada dipikiran Ama saat itu. Mungkin beliau juga merindukan sosok Apa yang sedang berjuang mencari nafkah hadir dan berkumpul dengan kami anak-anaknya.

Malam ketika mati lampu…

Dimana dulu tidak ada berbagai produk teknologi yang memakai baterai yang bisa kami mainkan (Tidak handphone, tidak laptop, gadget), masa dimana kami saling menghangatkan diri dengan kasih sayang keluarga. Malam dimana kami diberi jeda untuk merasakan hal-hal penting dalam keluarga yang kerap tersisihkan karena tersedotnya perhatian pada hal-hal lain dalam kehidupan atau teknologi canggih yang mencuri dan menghabiskan waktu secara diam-diam.

Dan malam inipun listrik yang mengantarkan energi terhadap benda mati nan canggih itupun sedang terputus, rehat. Tidak ada yang bisa kulakukan, dan sedihnya tidak ada seorang pun keluarga yang bisa kuajak berbicara. Sekedar pemedah sunyi…..

Aku,

sendiri,

dengan….

Kesunyian,

dan pikiran….

—— Aini, 17 Maret 2012

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in CAhaya Hikmah.., Cahaya Legend, catatan buruk, CERPEN^^. Bookmark the permalink.

4 Responses to Malam Ketika Mati Lampu

  1. ngomong-ngomong tentang mati lampu, bulu waktu kecil saya sama keluarga suka langsung makan malam…jadi kaya candle light gitu deh…anehnya budaya itu terasa sangat manis setelah sekarang jarang dilakukan karena jarang mati lampu.

  2. Nisa says:

    ^__^ selalu ada kenangan di balik mati lampu ya,, saya juga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s