Kopdar On The Story

Kopdar On The Story

Kopdar atau bahasa kerennya dari kopi darat (*bantu saya menterjemahkannya secara baik dan benar teman-teman), semacam ajang kumpul-kumpul dari suatu komunitas yang tidak terikat dan biasanya diawali dari forum di dunia maya (*ini pengertian versi Aini, harap jangan dibashing! :D). Biasanya sih teman-teman di dunia maya nyebutnya “gathering” , beda bahasa aja sih, yang atu Indonesia, yang atu lagi versi nge-english.

Ada begitu banyak forum-forum di dunia maya yang tercipta saat ini. Semuanya berawal dari semacam persamaan nasib (sama-sama pengangguran :p #eeh), persamaan hobby (hobby ngeblog, hobby photography, hobby baca buku, hoby nulis, ect), persamaan profesi (sama-sama dokter, perawat, guru, hakim, jaksa, insyinyur *kemudianMenyebutkanberupa2profesi), dan banyak persamaan-persamaan lain yang menyebabkan sekelompok manusia merasa perlu untuk membuat semacam forum untuk menyatukan visi misi serta menyamakan persepsi (*mungkin) atau sekedar having fun atau berhura-hura di dunia maya #eehh. Kenapa di dunia maya? Pertama karena lebih efisien, tanpa bertemu di satu tempatpun kita masih bisa berkomunikasi, dua jaringan lebih luas (mulai dari Sabang sampai Merauke, dari tapi lawuik sampai umat di tapi Hawaii) bisa join di sini (sifat internet yang mendunia). Tiga Karena di dunia maya kita terkesan lebih “bebas” dalam berekspresi dan terbebas dari kesan “jaim”. *keplak*

Apalagi semenjak facebook menyediakan fasilitas “FanPage”, “Group”, yang kemudian menyebabkan menjamurnya berupa-rupa group mulai dari group “Aku cinta Islam” sampai group “Pecinta Korea”. (=..=)

Okeh, kita lanjutkan…

Sebagai salah seorang aktivis di dunia maya (*pleaseee dehh,, gue benci istilah ini!!), No No… ralat… Sebagai seseorang yang senang berselancar menggunakan internet, saya merupakan 1 dari banyak korban “member” dari beberapa forum di dunia maya. Beberapa group memang sangat saya senangi, dikarenakan cocok dengan minat serta bakat yang saya miliki #eeaaa hahahah…

Dan sebagai penganut paham “eksisisme”, semacam paham yang menganggap bahwa suatu forum di dunia maya bukanlah suatu forum yang eksis jika tidak ada semacam agenda tatap muka yang terjadi di dunia nyata. #sikap #okesip, Maka saya sangat mendukung jika group-group yang sudah membuktikan keeksisannya di dunia maya untuk mengadakan kopdar/gathering di dunia nyata. Agar kita sama-sama bisa berkarya secara real dan nyata *asiiikkk.

Yah, tidak semua group yang saya terlibat di dalamnya yang saya senangi. Hanya beberapa yang sejalan dengan hati nurani *balik lagi ke minat dan bakat*.

Diantaranya berjibun-jibun Komunitas Dunia maya yang saya ikuti, berikut beberapa komunitas yang cukup eksis (*versi saya).

KEPEDEAN RI (Kementerian PEmberdayaan DEsigner ANak Republik Inovasi)

Definisi : (nyomot dari definisi Group di FB) ^^
(Kementerian PEmberdayaan DEsigner ANak Republik Inovasi)
—————————————————————————————————
Lembaga ini dibentuk untuk memperdayai (maksudnya memberi training) para desainer yang tersebar diseluruh pelosok negeridengan moto, cerdasi anak bangsa, saya selaku menterinya dan beberapa staf ahli siap membimbing anda berbagai skil desig grafis di fb ini dan juga diusahakan rutin setiap bulannya ada semacam pelatihan yang kami adakan spesial buat anda semua. Kami juga siap terjun lapangan jika ada pemintaan untuk “pelatihan” desain grafis.keterangan lainnya akan diketikkan dilain waktu dengan tempo yang sesingkat-singkatnyamengetahui,
Menteri Pemberdayaan Designer Republik InovasiIzzumo Arifi
Saya lupa kapan tepatnya saya dimasukkan kedalam group ini. Walaupun sebenarnya saya bukanlah seorang designer, namun dengan kehadiran group ini cukup memacu adrenalin dan keinginan saya untuk belajar dan mencoba teknik-teknik perdesignan.
Akhirnya setelah lebih 1 tahun kebersamaan dengan group ini, admin merangkap Menteri Bang Izzumo Arifin memprakarsai diangkatkannya agenda kopdar. Kopdar pertama (*entah kapan saya lupa) saya sudah berniat untuk datang, namun sayang beribu sayang agenda dengan teman teman dekat di dunia nyata tak bisa saya tinggalkan, finally kopdar pertama tidak dapat saya hadiri.
Nah di Kopdar II KEPEDEAN, setelah melalui perjuangan yang cukup menguras keringat (perjalan dari kampus Limau Manih ke CM Net di Jati, mana motor pakai acara mogok lagi #beuh haha). Tapi Akhirnya saya dan mbak Rin (Hazrina Adelia) menjadi member kedua ketiga yang datang, the first tentu bang Farid Indra lah Beliau yang punya kantor.
Sayang sekali tidak semua member yang bisa datang . Tapi setidaknya member-meber “asabiqunal awalun” banyak jug ayang berdatangan. Diantaranya Kun bersaudara (Mugiwara Kun & Didi Kun), dan si Apriyandi ‘revolt’. Saya tidak menyangka ternyata member Kepedean anaknya Gila– asik asik .
Ah sudahlah, biarlah piku-piku ini menjelaskan beberapa hal yang tidak bisa dituliskan… bhahahah *smirk
Kita disediakan konsumsi gratis donk sama Bang Dola . asiikkk #mental Mahasiswa
Wah saya baru nyadar gak ada piku yang ada Bang Dolla Indra nya ternyata… hahaha… (*potograper selalu alone)
Sumber poto saya copass dari group ^^)v
eh ini poto2 udah saya resize gak taunya masih segede gajah ini … (=..=)
Setelah sesi perkenalan yang gaje, dan membicarakan sejarah terlahirnya KEPEDEAN, kita kita sempat terlibat dalam beberapa point pembicaraan serius #eeaaa… #gaya!
 

PALANTA Komunitas Blogger Sumbar

Definisi: PALANTA.ORG adalah sebuah sebuah komunitas blogger yang tinggal, berdomisili atau punya kenangan atau ingin tahu tentang Sumatera Barat.Nama PALANTA berasal dari salah satu ruangan di Rumah Gadang (Rumah Khas Minangkabau) yang berfungsi sebagai tempat berkumpul, ngobrol, diskusi para penghuni Rumah Gadang.Sesuai filosofinya, diharapkan grup ini dapat menjadi salah satu tempat diskusi, berbagi informasi dan silaturahmi sesama palantaers.
=======================================
Finally, pada hari Sabtu, 4 Agustus 2012 lalu saya akhirnya bertemu dengan pihak-pihak yang selama ini hanya saya kenal melalui dunia maya. Dalam agenda yang bernama “Buka Bareng” ini, awalnya memang terkesan sedikit canggung (ya iyalah, saya gak kenal secara nyata satupun member Palanta. Makanya saya ngajak mbak Rin), namun pada akhirnya interaksi yang terjadi dengan teman-teman disana berlangsung hangat apalagi setelah kita-kita saling memperkenalkan diri.
Tebak yang mana sayaaa???
Sesi perkenalan ^^)v *weeeew inih poto gede bener
Foto bareng sebelum pulang… saya mana?? saya mana??
all together
Together part II
picture saya ambil di SINI  dan dari group
Selain KEPEDEAN dan PALANTA, juga ada beberapa group yang saya senangi, di antaranya: group penulis kota Padang di twitter (say alupa user ID nya), dan sempat datang menghadiri kopdarnya, sayang kita telat 😦 jadinya tidak ketemu dengan member lain.
Okeh… demikian sedikit cerita tentang kopdar dan gathering. InsyaAllah akan menyusul kopdar kopdar lainnya. Harapannya, dengan pertemuan di dunia maya kita bisa merumuskan beberapa hal dan langkah ke depannya untuk berkarya lebih real dan nyata.
SALAM BLOGGER!!

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cahaya Legend, Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s