7 Nutrisi Untuk Memperkuat Tulang

7 Nutrisi Untuk Memperkuat Tulang

1.      Kalsium

Menurut American Dietetic Association, kalsium merupakan mineral utama yang diperlukan untuk pertumbuhan sel tulang. Anak usia 9 hingga 18 tahun membutuhkan 1300 mg kalsium per hari. Sumber makanan kaya kalsium antara lain kedelai, buncis, kubis brussel, kale dan sayuran hijau lainnya, susu, almond, apel, jus jeruk dan sereal yang diperkaya kalsium.

2.      Vitamin D

Vitamin D membantu tubuh menggunakan kalsium secara efektif. Meskipun vitamin ini diproduksi oleh tubuh saat terpapar sinar matahari, sumber makanan yang baik juga direkomendasikan. Remaja perlu mengonsumsi makanan seperti salmon, sarden, udang, susu kedelai, hati dan kuning telur untuk memenuhi 600 IU (International Unit) per hari untuk kebutuhan vitamin D.

3.      Vitamin K

Vitamin K juga membantu merangsang pertumbuhan tulang. Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, sumber makanan kaya vitamin K adalah sayuran berdaun hijau, kedelai, dan minyak nabati seperti kanola, kedelai, zaitun dan biji kapas. Remaja membutuhkan 75 mg vitamin K per hari.

4.      Kalium

Kalium membantu mengurangi hilangnya kalsium dari kerangka tubuh. Makanan seperti tomat, pisang, jeruk, kentang dan buncis merupakan sumber kalium yang baik dari makanan. Remaja memerlukan 4,7 g kalium per hari.

5.      Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang juga memberikan kontribusi untuk kekuatan tulang. Makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan terbaik magnesium. Remaja laki-laki membutuhkan 410 mg per hari, sedangkan remaja perempuan 360 mg per hari.

6.      Vitamin C

Vitamin C membantu pembentukan kolagen, yaitu jenis jaringan ikat yang dibutuhkan mineral selama pertumbuhan tulang. Untuk memenuhi kebutuhan harian 65 mg untuk gadis remaja dan 75 mg untuk remaja laki-laki, masukkan sumber makanan kaya vitamin C adalah jeruk, tomat, paprika, brokoli, stroberi dan kentang dalam menu diet remaja.

7.      Fosfor

Fosfor merupakan bagian nutrisi yang sangat penting dalam memperkuat tulang. Sumber terkaya fosfor adalah produk makanan hewan seperti susu, yoghurt, salmon, halibut dan daging sapi. Makanan nabati yang banyak mengandung fosfor seperti almond, lentil dan kacang tanah.

 

Makanan dan minuman yang meningkatkan pertumbuhan tulang, baik dikonsumsi bagi penderita patah tulang

Penyembuhan bagi penderita patah tulang itu membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam kegiatan yang sifatnya ringan monoton membosankan, terlebih jika tingkat mobilisasi menjadi terbatas, susah bergerak. Dan kenapa harus teliti? karena salah gerak dan posisi sedikit saja hasilnya bisa berakibat fatal.

Penyembuhannya bukan dalam hitungan hari, minggu atau bulan, tapi tahunan, walaupun bergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang tersebut, antara lain utamanya ialah usia dan zat makanan yang dikonsumsi.

Bagi penderita patah tulang, selain obat konvensional yang berisi kandungan unsur kalsium  dll terkait resep dokter, yang dikonsumsi sehari-harinya diperlukan juga asupan zat makanan/minuman  yg alami. Hal tersebut tidak dilakukan sekali dua kali, namun dianjurkan secara konsisten dilakukan setiap hari. Tentu saja dengan porsi yang proporsional, yang jelas, harus paham dan mengerti bahwa penderita patah tulang harus dibedakan dengan orang normal dari segi kontinuitas asupan makanannya. Terutama fokus pada makanan yang mendukung pertumbuhan tulang yang patah sebelumnya, seperti kalsium dan vitamin D.

Kalsium dan vitamin D adalah fondasi penting untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Kalsium mendukung struktur tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

makanan

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s