Semacam… Alter Ego!!

Pada suatu kesempatan di dinas sore yang berbahagia, namun amat sangat sibuknya. Seorang ibu berlari menuju Nurse Station melaporkan bahwa suaminya (si pasien) sedang menggigil kedinginan, suhu tubuhnya tinggi. “Ndak pernah-pernahnyo Bapak manggigia mode ko”, demikian laporan di ibu.

Segeralah saya berlari tak kalah paniknya seperti si ibu untuk melihat kondisi pasien. Ternyata benar, si Bapak yang berumur hampir 7/10 abad (-__-)” *maksudnya berumur 70 tahun* ini tengah menggigil kedinginan. Setelah memberikan pengarahan kepada si ibu dan membantu melapisi si Bapak dengan selimut tebal lainnya, maka saya segera melanjutkan aksi berlari-larian ke ruang parasat untuk mengambil lampu sorot demi meningkatkan suhu panas di sekitar tubuh pasien.

Ternyata di ruang parasat tidak ada lampu sorot yang stand by, aksi berlarian masih dilanjutkan menuju kamar pasien lainnya demi mencari keberadaan si lampu. Setelah mendapatkan lampu sorot, permasalahan berikutnya muncul —> tidak ada cok raun yang bisa menghubungkan si lampu dengan colokan terdekat dikarenakan kabelnya terlalu pendek. Saya minta si ibu untuk bersabar. Kembali saya berlari mencari cok raun yang entah dimana keberadaanya. Kakak-kakak perawat yang lainnya sampai orang gizi ikut berpanik-panikkan mencari sebuah cok raun.

Si Ibu mulai kesal, cemas, panik, dan perasaan takut kehilangan bercampur jadi satu sehingga mulailah si ibu merepet-repet dan mendesak. “Ma nyo nak, cok raunnyo? Sagadang ko Rumah Sakik ndak ado ba cok raun agak ciek doh?” Saya berpaling sejenak dari aksi berlarian dari satu ruang pasien ke ruang pasien lainnya untuk kembali menyabarkan sang ibu, yah,,, dengan bermanis-manis kata tentunya.

Akhirnya si cok raun yang hilang kami temukan penggantinya -setelah meminjam ke ruang sebelah-. Si Bapak mulai dihangatkan,  seperti bayi yang dihangatkan di inkubator. Perlahan, aksi menggigil Bapak mulai hilang, dan suhu tubuh kembali normal. Azan Maghribpun berkumandang. Kami segera menunaikan sholat Maghrib tanpa berjamaah, kemudian mulai makan malam.

Salah seorang perawat yang berjaga di depan kemudian berteriak heboh : Kawan-kawan, istri pasien Tn. R (maksudnya ibu-ibu yang tadi) minta maaf kepada semua perawat yang direpotkan dan terpaksa mendengar repetan ibu, maklum ibu si ibu lagi panik dan  takut kehilangan mantan pacarnya”.

Kami slaing be—ooohh— ria dan memaklumi. Heheh, mungkin setelah kondisi si Bapak kembali stabil, si ibu mulai berpikir dan merasa bersalah karena sudah marah-marah kepada perawat. Yah, saya pikir siapapun yang sedang berada dalam posisi si Ibu akan melakukan hal yang sama. Bahkan untuk perkara sepele semacam orderan makanan yang datang terlambat, bisa menyebabkan kita tanpa ampun memberikan pandangan sinis dan mendumel sebegitunya kepada penjualnya.

Sebenarnya si Ibu adalah orang yang ramah dan sangat baik kepada para perawat, namun kadang-kadang emosi nya tetiba naik jika menemukan suatu ketidakberesan. Bahkan saking herannya, saya sempat curiga ini ibu punya kepribadian ganda(?) alias alter ego.

Yah, ada kalanya emosional seseorang pada suatu kondisi bukanlah sifat asli dari orang tersebut. Berbagai tekanan yang datang bisa merubah sekejap mata kondisi emosional seseorang. Makanya, bukanlah hal yang bijak menanggapi seseorang yang sedang emosi dengan kepala panas yang sama emosinya. Keep Calm..

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

One Response to Semacam… Alter Ego!!

  1. Pingback: Ini tentang Kesetiaan dan Pengabdian | CahayaMata...Berpikir... Berkarya...Menapaki Jejak Kehidupan dalam Wacana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s