Merapikan Kenangan

Pada suatu saat ketika pulang ke rumah, Mama ngomel ngomel jelas. Ya, beliau mengomelkan suatu hal yang cukup penting ketika itu. Pasalnya, tumpukan berkardus-kardus file, dokumen, dan barang-barang post kuliah yang dikirim dari Padang memiliki nasib yang nyaris tragis di gudang. Mama memintaku untuk memilih-milih lagi buku-buku serta barang yang diperlukan untuk disimpan di tempat yang lebih layak sebelum para tikus, kecoa, semut, serta gank mereka bergerilya dan menghancurkan semuanya.

Ini perkara yang tak mudah. Memilih mana barang yang penting dari setumpuk kenangan (#eaaaaa) sangatlah susah. Aku mengatakan kepada Mama,”Ma… Ani ndak bisa memilih diantara mereka ma… semuanya penting Ma” #eaaaaaa lagi#. Dan Mama kemudian menyambung kembali periode mengomelnya. Mengancam, mau diseleksi sekarang atau membiarkan Papa membakarnya di beberapa waktu ke depan.

Daripada masalah ngomel mengomel ini tak berkesudahan, akhirnya dibantu oleh Syifa (dengan iming-iming mendapatkan buku catatan bekas dengan gambar-gambar bunga/kartun di covernya), akhirnya aku memilih mana buku dan perkakas kuliah yang harus diselamatkan, dan mana yang harus kubuang.

Ya… demikianlah kenangan. Aku sama sekali tak memiliki niat untuk melenyapkan salah satu diantara mereka. Jika bisa, aku ingin tetap menyimpan mereka dengan rapi walaupun aku tak tahu persis apa manfaatnya di kemudian hari. Begitu banyak kenangan di sinaps otakku.

Namun, kadang kita harus menyeleksinya. Mana yang harus kita simpan dengan rapi, mana yang harus kita lenyapkan.

Dear 2013… apa kabarmu di bulan Desember??

20131215_105953 20131215_110038

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

2 Responses to Merapikan Kenangan

  1. noeroelfaizah says:

    akhir semester ini sepertinya saya juga harus merapikan kardus2 yg ada …πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s