#berpikirSetengahKeras “Salah dua etiologi bernegatif Thinking” versi abal Aini

Malam ini topik pemikiran kita adalah tentang berpositif thinking. Alias berpikiran positif. Dengan lawan katanya : negative thinking.

Tanpa saya jelaskanpun, sebagian besar dari kita tentu sudah dapat memahami apa yang dimaksud dengan berpikiran positif. Isn’t it??πŸ™‚

Yang tetiba menjadi #bebanpemikiran yang cukup membuat saya #berpikirsetengahkeras di malam ini adalah ketika menyadari: bisa jadi salah satu etiologi yang menyebabkan seseorang enggan berpikiran positif adalah karena kurangnya rasa syukur.

Contoh sederhananya seperti ini :
Ada seorang kawan yang menginap di kamar kos temannya. Namun ternyata kamar kos temannya tersebut kecil, tidak sesuai ekspektasi sang kawan sebelumnya. Karena kurangnya rasa syukur sang kawan yang menumpang tersebut (udahlah numpang, gak tau diri pula kehkehkeh) maka tercetuslah ucapan di dalam hatinya : “kecil ya kamarnya… sepertinya gak bakal pewe nih tidur berdua di kasur si temen” maka yang terjadi selanjutnya adalah : rasa ketidakpuasan ketika menginap. Jika tak pintar-pintar dalam berucap, bisa jadi sang kawan akan menyakiti hati si temen.

Nah jika si kawan sedari awal bersyukur, menerima apa adanya kondisi di kosan si temen, maka redaksi ucapan yang akan timbul kira-kira seperti ini : “waah… kamarnya kecil ya… Alhamdulillah, biar kecil tapi bisa tidur. InsyaAllah nyaman”.
Naaahhh… jika sudah pandai bersyukur begini, maka aura yang akan muncul adalah aura positif.

Next… menurutku, another etiologi seseorang menjadi bernegatif thinking adalah kurangnya rasa kepercayaan. Baik kepercayaan terhadap diri sendiri, kepercayaan terhadap orang lain, terutama kepercayaan kepada Allah!!!

Contohnya begini:
Seorang mahasiswa yang mendapatkan pembagian tempat dinas praktek klinik tidak sesuai dengan apa yang diinginkannya. Si mahasiswa berharap akan ditempatkan di RSUD kampung halamannya, namun kemudian malah terlempar ke kampung orang. Nah, jika si mahasiswa kurang rasa kepercayaannya, maka akan muncul persepsi negative terhadap dari dirinya yang akan berdampak pada kinerja si mahasiswa selama berpraktek.

Examplw:
“Aduh… nanti di sana pasti gak bisa fokus dinas, mikirin makanlah… mikirin kendaraanlahh… coba kalau di rumah sendiri, semuanya akan mudah”
–》tidak percaya terhadap kemampuab diri sendiri dalam memanajemen waktu.

Positif thinking : “biar di negeri orang masih baru, insyaAllah bisa survive!!”
–》percaya diri

“Ini pasti dosennya dendam kesumat inih, sampai-sampai guweh dilempar jauh begini”
–》tidak percaya terhadap dosen

Positif thinking : “mungkin dosennya pengen saya mendapatkan pengalaman baru dengan menempatkan saya di RS itu”
–》 percaya dengan segala keputusa  dosen

Negative thinking : “Huhuhu… Allah, akuh kan udah berdoa agar supaya bisa dinas di kampung halaman aja… tapi kenapa Engkau melemparkan akuh begitu jauh ya Allah..”

Positif thinkingnya : “Ya Allah… semoga ini adalah keputusan terbaikmu terlempar begitu jauh dari kampung halaman. Semoga ada hikmah di balik semua ini ya Rabb” #kalem

***Nahhhh….
Demikian topik #berpikirsetengankeras malam ini. Berarti ketika kita selalu mengeluarkan pikiran negatif, bisa jadi kita termasuk hamba-hamba yang kurang pandai bersyukur dan tidak percaya dengan takdir terbaik dari Allah.
Wallahu’alam bi shwab….

Semoga ada manfaatnya kakaa… ^^

Nb: Pegel juga ternyata ngetik lama-lama di Handphone. (-_-)”… ah ga apa-apa daripada cuma jadi #bebanpemikiran, hanya tinggal di otak tanpa jadi apa-apa ^_^ #positifthinkingModeOn

image

image

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s