Random Story #3

~ Dulu ketika jejaman masih kuliah, saya sering menyayangkan sikap dosen yang moodyan. Ketika beliau bad mood, kok kesannya berimbas kepada mahasiswa ya. Tetiba segala sesuatunya menjadi ‘strange’. Sebisa mungkin, saya ingin sekali menghindarkan diri dari sifat yang satu ini. Namun apa mau dikata. Suatu saat, ketika akan mengajar, saya sudah menunggu kabar mahasiswa dimana kelas tempat kuliah berlangsung, inginnya semua berjalan tepat waktu, karena begitu banyak pembahasan hari ini. Akhirnya sipen datang, dan kami segera bergegas ke kelas.

And the fact?? Kelas masih diisi ‘hanya sepertiga’ dari jumlah mahasiswa seharusnya. Kebanyakan belum masuk kelas karena masih di kantin, pustaka, atau labor. Tiba-tiba saya menjadi ‘bad mood’, langsung ambil absen dan menandai “Alfa” mahasiswa yang belum hadir. Lima menit kemudian kelas sudah hampir penuh, hanya beberapa orang yang benar-benar terlambat fatal. Kuliah berlangsung sebagaimana mestinya, meskipun mereka hadir, yang terlambat tetap saya bubuhkan ALFA!. Di akhir kuliah, mahasiswa yang saya tandai ‘alfa’ pada protes. “Buk, kami kan Cuma terlambat 5 menit masa mahasiswa terlambat 5 menit gak boleh, kalau dosen terlambat berjam-jam kami tetap harus nunggu!!!”. Saya ingin tertawa rasanya!! Tertawa miris!! Inilah mindset yang sudah terbentuk di benak mahasiswa. DOSEN SERING MOLOR ITU WAJAR!! NORMAL!! SERING BEGITU!!. Dengan penuh kesabaran, “ketegasan” saya menjelaskan,” Dari awal bukannya kita sudah kontrak waktu ya? Kalau ada mahasiswa yang terlambat ketika saya sudah mulai mengajar, bagaimana ketika itu perjanjiannya?” “Pintu ditutup dan mahasiswa kuliah dari luar buk”, “Dan ketika saya sebagai dosen yang berniat terlambat, pasti saya akan memeberitahukan kepada sipen sebelumnya agar mahasiswa tidak lama menunggu”.

Dan sungguh, saya sebenarnya tidak akan setega itu (membiarkan mahasiswa belajar di luar kelas) jika yang terlambat hanya 1 atau 2 orang. Biasanya saya hanya akan memberikan sedikit nasehat setelah mendengarkan alasan keterlambatan mereka. Namun, sepertinya saya tidak bisa mentolerir jika yang terlambat hampir sepertiga dari jumlah mahasiswa. Punishment dan reward! Itulah yang saya katakan kepada mahasiswa. Apa bedanya mahasiswa yang terlambat dengan yang tidak?? Saya hanya ingin memberikan penghargaan kepada mereka yang komit dengan datang tepat waktu dan bersedia menunggu. Saya juga mengatakan kepada mahasiswa bahwa saya menerima keterlambatan asal dengan pemberitahuan sebelumnya. Bisa melalui teman, atau sms langsung. No problemo!

Akhirnya mahasiswa memahami dan meminta maaf.

Well, Reward! Saya tidak segan-segan menghargai dan memberikan nilai yang bagus bagi mahasiswa yang benar-benar menunjukkan usaha maksimalnya dalam mendapatkan ilmu. Bahkan dalam proses pembelajaran, bagi yang aktif menjawab pertanyaan (*meskipun jawabannya salah) akan ada ‘bonus’ nanti di akhir perkuliahan.

Dan pada akhirnya saya mengerti, ada kalanya kita sebagai mahasiswa turut andill dalam membuat mood dosen berubah. Ya, saya pikir kedua belah pihak punya kontribusi dalam hal per-mood-an ini😀

P.S : InshaaAllah, meskipun berstatus sebagai dosen baru, saya tidak khawatir jika harus di-bully mahasiswa. Actually, pengalaman saya membully siswa dan mahasiswa cukup teruji sejak SMA dan masa perkuliahan… kehkehkehkeh…. Let’s make a nice friendship guys!!!

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

2 Responses to Random Story #3

  1. wah…udah jadi bu dosen ya kak skrg?🙂 ngajar dimana kk?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s