Apalah Arti Seragam

Ada dua kondisi yang bisa menyebabkan saya menjadi pengikut khidmat dalam suatu acara atau upacara. Khidmatnya bener-bener to the max!! Memperhatikan secara seksama lah pokoknya. Kondisi itu adalah: 1. Ketika saya adalah peserta acara tersebut (ex: wisuda), 2. Ketika saya didaulat menjadi salah seorang perangkat penyelenggara acara (ex: MC, Moderator). Jadi kemaren Ka.Prodi DIII keperawatan meminta saya untuk menjadi MC formal untuk acara Bai’ah (angkat sumpah/Capping Day) sekaligus pemasangan Uniform mahasiswa D3. Ini merupakan agenda wajib sebelum mahasiswa diturunkan praktik klinik. Oke, saya menyanggupi. And finally, selama mengikuti acara saya benar-benar khusyuk sodara-sodara. Biasanya?? Yaahh… nyambi gitu deh😀 . Nyambi kultweet di timeline, nyambi Upload foto di instagram, nyambi ngemil snack, atau nyambi kepoin blog orang. Pokoknya saya gak bisa tinggal diam dan cuma memperhatikan. Tapi meskipun melakukan kegiatan sampingan, insyaAllah indra pendengaran dan konsentrasi otak saya cukup bisa diandalkan untuk tetap update dengan jalannya acara.

Jadi kekhusyukan saya dalam mengikuti acara angkat sumpah sekaligus pemasangan uniform secara resmi itu membuahkan hasil yang cukup berfaedah. Pertama dan utama sekali, saya langsung terjebak di ruang nostalgiaa~~ *raisa mode : on*, yaah… ingat beberapa tahun yang lalu saya dan teman-teman seangkatan di angkat sumpah massal bersama angkatan 08 dan 09. Angkat sumpah kami memang banyak sedikit terlambat, makanya kampus ngerapel tiga angkatan langsung.

Kedua, saya sedikit banyaknya dari hasil menyimak kata sambutan dari ketua PPNI Kota Bukittinggi dan Sekretaris DKK Bukittinggi kembali menyadari bahwa Uniform, atau seragam dinas perawat mengandung unsur mistis tanggungjawab di dalamnya. Mengenakan seragam perawat, berarti ia sedang bertugas sebagai perawat. Dan dimanapun serta kapanpun ia mengenakannya, ia harus sadar dan senantiasa menjunjung tinggi kode etik keperawatan *udah keren belum bahasa gue??😄

Dan pagi ini, ketika pidato Bapak Ketum PPNI masih terngiang-ngiang di gendang telinga, mata kepala malah menyaksikan sendiri seorang mahasiswa keperawatan yang sedang asik merokok dengan seragamnya. Ini bukan sekali dua kali saya temukan. Bahkan sejak doeloe saya sering mendapati banyak perawat, dokter, dan tenaga medis lainnya yang sedang asik memegang rokok di sela jarinya dengan seragam dinas. Fenomena yang cukup miris.

Sama halnya dengan kemirisan ketika saya mendapati seorang senior pramuka yang saya hormati asik masyuk merokok di depan gerbang sekolah dengan seragam Pramuka yang awut-awutan, kacu pangkat dilepas, baju di keluarkan, ngejogrok di warung sambil melamun seperti galau akut setengah sakaw. Saya tau, waktu itu dia sedang depresi gegara putus pacar. Tapi pleaseee deh… gak harus mengekspresikannya dengan melanggar komitmen Gudep getho loohhh… Dan kejadian ini sempat kami angkat ke sidang forum karena laporan junior-junior. Keh Keh Keh….

Back to Topic, rasanya gak tega aja melihat calon-calon perawat profesional belum turun lapangan saja sudah seperti ini. At least, hormati profesimu. Jangan menjadi orang yang tidak melakukan apa yang dia katakan. Kemana-mana promosi kesehatan merokok berbahaya, eh malah asik pegang rokok di dimana-mana.

Sekian postingan random saya kali ini.😀

Ini poto ketika angkatan kami angkat sumpang😀

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

One Response to Apalah Arti Seragam

  1. eSPer says:

    1 kelebihan dari berseragam adalah dapat menjadi batasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s