Muda Mudi yang dulu bersumpah…

Selamat Tanggal 28 Oktober Muda Mudi Indonesia!!!

Di postingan kali ini saya mencoba untuk sedikit lebih Nasionalis. Karena hari ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Siapa yang tak kenal dengan momentum sumpah pemuda??

Saya sangat ingin sekali menulis banyak hal tentang Sumpah Pemuda, menulis dengan semangat Nasionalisme yang menggebu-gebu. Namun lagi-lagi saya merasa HDR, Harga Diri Rendah! Saya merasa tidak pantas untuk membahas ini. Hal-hal yang muncul di benak saya tentang moment Sumpah Pemuda hanyalah sekilas pelajaran Sejarah ketika kelas V SD dan SMP, kemudian agenda Upacara Bendera dimana akan ada siswa yang ditugaskan untuk membacakan teks Sumpah Pemuda. Yahh… yang saya ketahui dan saya rasakan memang terlihat seperti pengetahuan umum yang saya rasa semua orang juga memiliki pengalaman yang sama.

Jika ada yang lupa, berikut sejarah ringkas tentang Sumpah Pemuda yang berhasil saya googling :

Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwa, memang pada tanggal 28 Bulan oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan dengan penuh semangat perjuangan, hingga dari itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Bulan oktober selaku hari lahirnya bangsa Indonesia, prosedur kelahiran Bangsa Indonesia ini adalah buah dari perjuangan rakyat yang selagi ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis saat itu, kondisi ketertindasan ini-lah yang terus mendorong para pemuda saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan juga martabat hidup manusia Indonesia asli, tekad ini-lah yang men-jadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun terus yaitu kepada 17 Bulan agustus 1945.

Bersesuaian namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka terus menjadikannya selaku dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak terus berjuang sendiri, melainkan bersama-sama.

Perlu kita ketahui bersama, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak perihal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak hendak bisa membikin Indonesia merdeka kalau berjuang di kelompok sendiri.

Sejarah Sumpah Pemuda

Dalam upaya mempersatu wadah organisasi pemuda dalam satu wadah sudah diawali mulai Kongres Pemuda Kesatu pada tahun 1926. Oleh disebabkan tersebut, tanggal 20 Bulan februari 1927 sudah diadakan pertemuan, namun pertemuan ini belum mencapai hasil yang babak final.

Lalu pada tiga Bulan mei tahun 1928 diadakan pertemuan lagi, dan juga dilanjutkan pada tanggal 12 Bulan agustus 1928. Di pertemuan terakhir ini dihadiri seluruh organisasi pemuda dan juga diputuskan untuk mengadakan Kongres kepada bulan oktober 1928, dengan susunan panitia dengan tiap jabatan dibagi kepada satu organisasi pemuda.

ISI SUMPAH PEMUDA

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Namun kali ini saya sedikit agak menyesali diri. Saya merasa kadar kecintaan saya terhadap Republik ini masih harus dipertanyakan. Secara pribadi saya terlalu banyak menyesali hal-hal yang terjadi di Indonesia. Begitu banyaknya permasalahan yang ditimbulkan umat yang berdomisili di Indonesia sering kali membuat saya jengah, kesal! Bahkan saking kesalnya, saya merasa saya tidak akan begitu peduli terhadap berbagai hal dan situasi yang akan terjadi di Republik ini, terutama di ranah Politik (*baca postingan “percakapan singkat).

Dan tidak begitu banyak hal-hal berbau Indonesia yang kemudian menjadi favorite dan sangat saya gemari. Contoh kecilnya saja, Hard Disk Ext yang berkapasitas 450 GB lebih itu, sekian ratus Giganya dipenuhi oleh berbagai macam film. Tapi tak satupun yang made in Indonesia! L . Sekian ratus MegaByte memori di Handphone saya, hanya sebagian kecil yang berbahasa Indonesia. Saya kadang lebih excited untuk melihat dan mengkepo berita-berita luar negeri, begitu lebih seringnya menggunakan istilah-istilah dengan bahasa asing. Ini jelas bukan sesuatu yang harus dibanggakan, karena mendapati fakta ini, saya semakin bersedih… Saya merasa sedang mengkhianati Ikrar yang ada di dalam Sumpah Pemuda. Saya merasa Tidakkah sebagai pemudi Indonesia saya bisa mencintai Negeri sendiri secara maksimal?

Sembari menulis postingan ini kembali saya disentak! Ikrar Sumpah pemuda sebenarnya bukan hanya sebatas tentang penggunaan bahasa persatuan Indonesia, atau tentang pengakuan tanah air dan bangsa yang sama, tetapi unsur terpenting di dalamnya adalah bagaimana pemuda-pemudi Indonesia diminta untuk bersatu padu menjadi Indonesia. Lantas sudahkah kita sebagai pemuda dan bangsa Indonesia sudah melakukannya?? Banyak yang berkata sudah, banyak yang tak peduli, dan mungkin ada yang mengaku belum.

Simpelnya saja, begitu banyaknya perdebatan panas berskala social media yang terjadi akhir-akhir ini Indonesia. Saling hujat, saling tuduh, saling cemooh yang ujung-ujungnya menjadi perang dingin yang bahkan lebih menyedihkan dari kontak fisik.

Ah sudahlah…

Saya tidak ingin berpanjang lebar kali tinggi disini. Saya ini apalah… Tapi saya bisa menjamin, bahwa jauh… jauh… jauhhhh di lubuk hati saya, saya sangat mencintai bangsa Indonesia. Saya sedang melatih diri sendiri untuk menunjukkan rasa cinta kepada bangsa, walau tidak sama persis ataupun tidak sehebat pada pemuda dan pemudi membanggakan yang banyak di luaran sana.

Dear Indonesiaku, aku mencintaimu sepenuh hatiku…

image

image

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

2 Responses to Muda Mudi yang dulu bersumpah…

  1. Messa says:

    Kalo nggak baca tulisan ini, aku lupa kalo hari ini hari sumpah pemuda, mbak… selamat hari sumpah pemuda ya. Mari lakukan yg terbaik utk Indonesia. Sekecil apa pun itu, pasti ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s