Karena Tidak Semua Hal Butuh Intervensi

———————————————————————

Suatu ketika seorang teman berkata…

“Kau tau si B? Sepertinya dia sudah agak melewati batasnya kali ini”

“Dia hanya sedang galau…”

“Tidak bisakah engkau menasehatinya? Aku sedikit gerah melihat kelakuannya yang terlalu berlebihan mengumbar-umbar kegalauannya di social media.”

“Aku sudah pernah menanyakan dan memberikan beberapa masukan kepadanya. Dan ia hanya menjawabnya dengan cengengesan. Meski hanya sebuah cengengesan, aku meyakini ia paham dengan apa yang kumaksud. Dia bukan lagi seseorang “yang tidak tahu”, sejak jauh hari ia sudah mendapatkan tarbiyah dan pendidikan tentang hal itu. Tapi apa mau dikata. Itu sudah menjadi keputusannya untuk bersikap seperti itu”

“I don’t get it….”

“Dia bukannya tidak tahu… bukannya tidak paham… Mungkin hatinya sedang tertutup, sedang tidak bisa menerima. All we can to do is just wishing, praying for him… Allah lebih tahu dan lebih pandai membolak-balik hati manusia dude”

“Yeah… it’s a better way…”

“Kita hanya perlu menghargai, menjaga serta berdo’a… Kita tidak pernah tahu jika suatu saat dimasa depan kita justru yang berada di posisi yang ia rasakan saat ini. Who knows… Tak ada alasan bagi kita untuk memusuhi dan membuat jarak dengannya. Ukhuwah tidak sebatas ketika sahabatmu hanya berada di zona yang kamu senangi”

“Yeah… That’s right….”

—————————————————————–

Ada banyak hal yang terjadi dan sebenarnya tidak bisa kita terima dengan lapang dada, apalagi jika itu menyangkut perubahan drastis dari orang-orang yang kita sayangi. Entah itu keluarga, sanak saudara, bahkan sahabat yang sudah kita anggap saudara sendiri. Banyak! Namun, karena berbagai kondisi, situasi, dan posisi… kamu hanya harus berempati, menerima, dan melakukan beberapa ikhtiar tersembunyi daripada bergerak menjauhi dan memusuhinya.

——————————————————————

“I can’t believe it… Kau lihat? Adik B saat ini jilbabnya tak lagi sepanjang dahulu. Aku merasa prihatin.”

“Yah… manusia adalah makhluk yang paling tidak konsisten kak. Ada banyak hal yang bisa membuatnya berubah. Meski jauh di dalam lubuk hatiku aku merasakan ada bagian yang terluka dan sedih menyaksikan ini, aku merasa harus menghargai keputusannya.”

“Jadi kau akan membiarkannya?”

“Menurut kakak apa yang harus aku lakukan? Setelah aku bertanya kenapa dan kemudian dia menjawab itu adalah keputusan pribadi yang tidak bisa dia ungkapkan alasannya kepada orang lain…”

“Yah… Mungkin dia sudah melalui hal-hal sulit dan sampai pada akhirnya mengambil keputusan itu”

“Aku hanya bisa berdo’a suatu saat ia akan kembali, merasakan indah dan nikmatnya berhijab seperti dahulu kita pernah lakukan bersama-sama.”

“Mungkinkah ia merasakan kegersangan dan ketidaksinkronan antara ibadahnya saat ini dengan penampilan hijabnya?”

“Mungkin kak… akan banyak alasan yang bisa timbul. Ini bukan kejadian pertama. Banyak kejadian berulang sebelum ini. Kecewa, merasa HDR, merasa tidak pantas, merasa terkungkung, merasa terbebani… begitu banyak alasan untuk akhirnya menyerah mempertahankan hijad syar’I kak. Meski ia berubah, namun sejak awal aku tidak pernah berniat membenci sahabatku sendiri. Mungkin aku hanya akan tidak menyukai perilakunya. Tidak tertutup kemungkinan ia akan berubah lagi ”

“I hope too”

———————————————————————————-

Kau tahu?

Kadang kala ada hal-hal yang memang semestinya tidak lagi kau intervensi dan hanya menyerahkan segala sesuatunya kepada yang Maha Kuasa…

Ukhuwah itu bukan pada indahnya pertemuan, tapi pada ingatan seseorang terhadap saudaranya di dalam doanya” Imam Al Ghazali

Yeah…. That’s life! Our life…

 

 

Bukittinggi, March 5, 2015

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s