#NulisRandom2015 (Pt.17) Sesuatu yang Bisa Dilakukan Selama Berkendaraan

I am gonna tell you some of activities that I usually do when ride a motor cycle.

Hohoho… Akhir-akhir ini, semenjak diizinkan melarikan Honda Vario ke Bukittinggi, saya jadi sering bolak balik rumah-bukit dengan mengendarai motor, only by my self!!!… Jarak sekian puluh kilo bukanlah jarak tempuh yang cukup dekat. Sebagai seorang pemula, saya kudu hati-hati dan aware dengan segala sesuatunya, jadi saya berusaha lebih hati-hati dan pelan-pelan (*yaaah, gak pelan juga sih) ketika berkendaraan. Saya berusaha menikmati setiap perjalanan. Karena jika sudah mulai bosan saya takutnya berakhir ngantuk.

Ini merupakan kebiasaan (hal yang bisa saya lakukan) saya ketika berkendaraan, beberapa hal yang sering terjadi ketika saya berkendaraan jauh (*waktu kuliah menurut saya jarak Sawahan-Unand-Tempat dinas itu sudah cukup jauh).

  1. Mendengarkan music

Yap, ini sebenarnya amat sangat tidak disarankan. Saya sudah sering kena tegur oleh teman saya yang Papanya polisi LANTAS untuk tidak memakai headset ketika berkendaraan.😦 tapi rasanya 1 jam lebih perjalanan pulang ke rumah itu terlalu membosankan jika hanya mendengarkan bising jalanan. Jadi saya memutuskan memkai headset dan mendengarkan Mp3 dengan syarat: Volume rendah, sehingga saya masih bisa mendengarkan klakson, bising di sekitar. Kemudian bukan musik yang hura-hura, biasanya saya memilih lagu-lagu favorite untuk diputar dan di collect di folder favorite untuk diputar secara otomatis. Lagu-lagu favorite saya genre nya macem-macem sih. Cuma lagu kesukaan bagi saya berarti mengandung meaning dan memiliki arti tersendiri bagi saya. Maksudnya ketika mendengarkan lagu tersebut akan membangkitkan nuansa-nuansa tertentu, feel like de javu… #youknowwhatImean

  1. Karaokean

All you can do freely while listening music on the road is singing! Sing a song like a boss!

Jalanan, musik, lagu favorite, kamu hapal liriknya, yah apalagi yang bisa kamu lakukan selain bernyanyi with all oh your soul and sound. Hehehe, bodo amat mau teriak-teriak gak ada orang yang denger. Dan kemudian feeling like making such a Music Video will come out otomatically. Hhehehe… But watch out!! Jangan sampai karena terlena nyanyi-nyanyi gaje kamu jadi gak aware dengan sekitar. Kewaspadaan adalah syarat mutlak ketika berkendaraan yo guys!

  1. Mengurai Mimpi!

Yep… Ini hal yang sering saya lakukan ketika berkendaraan. Tidak hanya ketika memakai motor, namun juga ketika berada di bus, mobil, atau kendaraan lain. Mengurai impian itu semacam mengatur kembali rencana-rencana dan keinginan, serta membayangkan a.k.a menghayalkan beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Itu sangat menyenangkan, motivasi dan semangat terasa naik beberapa level setelahnya.

  1. Berdoa, berinteraksi dengan Yang Maha Kuasa

Dulu jejaman kuliah, skripsi, kemudian profesi, begitu banyak masalah rasanya yang menghampiri. Masalah yang bahkan kamu tidak bisa mendiskusikannya dengan orang tua karena pertama takut membuat mereka menjadi cemas, kedua tidak ingin merepotkan… apalagi masalah dana, huft… saya sering merasa bersalah jika musti curhat masalah sindroma ke-kere-an berkepanjangan yang saya alami selama profesi, ketiga karena Mama dan Papa juga tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi masalah perkuliahan. Mau curhat ke teman? Bahkan mereka juga sedang mengalami permasalahan yang hamper sama dan mungkin lebih teruk!! Ish..ish… Saya tidak ingin menambah beban pikiran mereka. Hehehe

Jadi saya sering curhat dan berdialog di dalam hati, merengek sesuka saya kepada Allah. Saya merasa bebas untuk bercerita, bahkan saking frustasinya, saya juga sering berteriak-teriak di atas motor. Bodo amat ada yang dengar… hehehe, and I felt better.

Menangis

Hahaha, saya pernah beberapa kali menangis selama bawa motor. Menangis karena kesedihan, kefrustasian, kekesalan… Apa enaknya nangis di atas motor? Karena gak ada yang akan bertanya-tanya kenapa kita nangis, karena tangis kita tidak akan menjadi pusat perhatian, karena air mata tidak akan terlihat di balik helm yang dipakai. Saya gak suka menangis di depan orang-orang. Great idea right?? Hehehe

Saya juga pernah menangis di atas bus dalam perjalanan ke Dharmasraya ketika saya mengingat kedua orang tua, yang saya ingin membuat mereka bangga, namun mereka belum mendapatkan hak seutuhnya dari anak-anak meski mereka telah berbuat banyak untuk membahagiakan anak-anak. Yah… it make me sad… dan kemdulian I cried silently since there are other passangers on the bus, heheheh.

Done!

Itu beberapa hal yang sering saya lakukan ketika berkendaraan sendirian. Karena ketika berkendaraan berdua saya sering tidak bebas melakukan hal-hal di atas. Yah, intinya saya butuh melakukan sesuatu yang bisa mengaktif kerja otak sehingga saya tidak mengantuk dan kehilangan konsentrasi. Sehingga saya tidak menghabiskan waktu selama perjalanan dengan ketergesaan dan bosan, tetapi penuh dengan ke’fun’an.

Oh ya, hal lain yang sering saya lakukan adalah berhenti ketika menemukan pamandangan kece untuk dipotret, hehhe…. I can’t help my self to not doing it.

Ini tidak disarankan ya! Karena tidak semua orang yang punya pengendalian diri yang bagus untuk melakukan hal-hal seemosianal di atas selama berkendaraan. Hehehe….

 

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in #NulisRAndom2015, Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s