#NulisRandom2015 (Pt. 21) Pulang….

Salah satu nikmat yang sering kali kita abaikan untuk disyukuri adalah nikmat berkumpul dengan keluarga.

Banyak manusia di atas dunia ini yang hidup terpisah dari keluarga intinya. Saya, kamu, mungkin juga mereka mentapkan pilihan untuk mencari penghidupan di negeri rantau yang mungkin jaraknya tak seberapa, namun juga ada yang terpisah sekian jam waktu perjalanan, terpisah pulau atau benua.

Dan diantara kesibukan kita mencari penghidupan, kita menyisihkan waktu yang namanya “PULANG”. Ada yang bisa pulang sekali dalam seminggu, sebulan, 3 bulan, tergantung jarak dan kondisi pekerjaan.

Namun tetap saja yang paling membahagiakan adalah ketika kita diberi kesempatan untuk liburan pulang kampung sekali dalam setahun, menghabiskan waktu di hari raya yang berharga bersama keluarga besar.

Tapi dari segelintir banyaknya pekerjaan, ada beberapa jenis profesi yang pada akhirnya membuatmu mau tidak mau harus tetap bekerja di hari raya besar yang paling berharga sekalipun.

Barusan, beberapa puluh menit setelah saya memulai tadarus sepulang tarawih, terdengar suara pagar luar dibuka. Sepertinya kakak-kakak perawat yang dinas sore di RS sebelah sudah pulang. Namun kali ini agak heboh. Seorang kakak sibuk ngedumel dengan suara nyaring mempersoalkan jadwal dinas nya bulan ini yang bisa dikatakan amat sangat tidak menguntungkan.

Apa pasal? Kurang lebih setengah bulan lagi adalah jadwal hari raya, namun si kakak mendapatkan jadwal dinas malam justru di malam takbiran, keesokan harinya sih libur, tetapi libur post dinas malam di hari raya itu sangaaaay tidak mengenakan. Bayangkan, si kakak baru bisa pulang dinas di hari raya pukul 10.00 pagi, menunggu orang-orang selesai sholat id dulu, kemudian siap-siap pulang kampung, menghabiskan beberapa jam perjalanan pulang (*itupun kalau ada bus yang beroperasi di hari raya). Seharian ia akan menjalani kebahagiaan berhari raya dalam keaadaan mengantuk karena post dinas malam. Nah, hari raya kedua si kakak dapat jadwal dinas sore sampai seterusnya selama seminggu setiap harinya selang-seling dinas pagi-sore… ck.ck.ck.ck…. Saya cukup prihatin dan ikut merasa sedih dengan nasib perdinasan si kakak.

Saya pernah berada di posisi beliau sekitar tahun 2013, ketika saya mendapatkan jadwal magang di RS justru di bulan Ramadhan. Alhasil, aktivitas ibadah Ramadhan saya kacau, plus saya kebagian jadwal dinas di hari raya II. Saya hanya bisa menikmati nuansa berhari raya di hari I… hari kedua ketiga juga dinas. Saya baru bisa pulang lagi ke rumah ketika kue-kue di toples sudah tinggal sisa-sisa, para sanak famili serta teman-teman juga sudah kembali ke perantauan mereka. Menyedihkan!!

Saya sendiri di hari-hari biasa, sering tidak pulang, padahal jarak rumah dengan kota tempat saya bekerja hanya sekitat 1 jam setengah. Mama selalu setia menanyakan apakah saya pulang akhir pekan ini atau tidak. Kadang saya sering merasa malas pulang karen cuma libur 1 hari di hari Minggu, namun demi membaca sms Ama, suara Ama yang seperti sangat berharap di telfon, plus membayangkan wajah Ama yang bahagia menyambut kepulangan saya, saya akhirnya memutuskan untuk sebisa mungkin pulangbdi setiap akhir pekan. Kecualia jika ada agenda pekerjaan tambahan.

Mebahagiakan kedua orang tua adalah salah satu tujuan hidup saya. Dan saya tidak pernah tau sampai kapan waktu yang saya punya untuk bisa membuat mereka tersenyum. Sehingga saya berpikir untuk memanfaatkan setiap waktu yang ada untuk membuat mereka senang.

Maka bersyukurlah kawan-kawan yang masih bisa mendapatkan jadwal cuti di Hari Raya atau hari biasa. Manfaatkan sebaik-baiknya. Ada orang tua dan keluarga yang juga akan turut merasa hampa jika ada anggota keluarganya yang absen dari agenda kumpul-kumpul di Hari Raya.

image

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in #NulisRAndom2015, Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s