Mata~

Setelah mengabdi sepanjang hari hingga Maghrib menjelang di kantor tercinta, dan masih harus menyambung kembali rapat pembahasan entah apa setelahnya, di sela-sela aktivitas merenung menatapi cermin super besar yang nyaris menutupi setengah area dinding ruangan toilet setelah menunaikan 3 rakaat wajib, saya sibuk menghayati kenyataan terdapatnya lingkaran hitam *biasanya juga begitu* di sekeliling mata yang terlihat lebih kentara. Namun yang membuat panik sekaligus shock adalah munculnya benjolan mungil di bawah konjungtiva bawah, yang hanya ketahuan kalau diraba. Hordeolum! Bahasa gehol hariannya mata bintitan… -..-)” *₩¥=€&^¥+$&…. please jangan berpikiran macem2!!

Sepertinya begitu… di mata yang sama, saya juga pernah punya riwayat hordeolum sebelumnya. Namun kali ini berbeda, bengkaknya justru terdapat di dalam… tidak terlalu menonjol dan kelihatan kecuali jika menundukkan wajah, baru keliatan rada bengkak atau melakukan perabaan langsung. Jika dalam posisi biasa, justru bengkaknya tidak kelihatan. Mulai panik! Apalagi jika memikirkan itu adalah penyakit lain yang berbahaya…. Saya langsung pengen ke ke Poli Mata untuk konsul detik itu juga!! Namun tentu tidak karena hari itu adalah hari Sabtu dan sudah malam!

Berbekal surat rujukan yang sudah saya minta beberapa hari sebelumnya kepada dr.BPJS dalam rangka ingin melakukan pemeriksaan mata, akhirnya Senin kemaren saya mendapatkan jawabannya. Mata saya terinfeksi… yah semacam hordeolum, namun di dalam… kata dokter matanya, biasanya harus diinsisi, namun tentu itu tidak dilakukan saat ini karena dia sama sekali tidak menonjol merah meradang  atau memiliki pus untuk dikeluarkan.

Si dokter langsung menebak: sering keluar berkendaraan ya? Saya berpikir sejenak… mengurai memori track record perjalanan panjang 3 minggu terakhir; 3 hari perjalanan darat ke Samosir, minggu berikutnya ke Padang, dari Padang terbang ke Bandung, Cimahi, balik lagi ke Padang, stay semalam di Bukittinggi, ke Padang lagi untuk mengikuti pelatihan selama 3 hari.

Oke, mungkin tidak serumit yang dibayangkan, namun benang merah yang bisa diambil adalah: daya tahan tubuh yang menurun, menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai kuman/virus sehingga reaksi tubuh dalam melakukan perlawanan akan memberikan efek-efek samping yang kita kenal dengan berbagai tanda gejala. Ya, seminggu belakangan saya cukup disibukkan dengan pilek dan batuk. Dan sangat memungkinkan jika air yang saya gunakan selama perjalanan tidak bersih, atau tanpa sadar tangan saya yang kotor dan terkontaminasi mengucek-ngucek sembarangan mata, akumulasi debu-debu jalanan, atau debu asap pembakaran hutan (?), sehingga sangat memungkinkan untuk timbulnya peradangan.

Dokter membekali saya dengan antibiotik oral untuk diminum, antibiotik tetes, salaf mata, cairan pembersih mata, dan anjuran untuk melakukan kompres air hangat dan banyak-banyak istirahat tidur! *tidur ya!! Bukan gegulingan di kasur sambil melototin android seperti malam ini #plak!*. Ya… mata saya juga konon kabarnya kelelahan.😥

Namun tetap, ada semacam anxietas yang membayangi karena pengobatannya belum terlalu menghasikan perbaikan yang signifikan since the curing just started couple days ago.

Dan kabar buruknya, gegara sakit ini, dokter belum menyarankan saya untuk periksa mata untuk resep kacamata yang baru karena hasilnya akan bias *padahal saya sudah ngebet pengen pakai kacamata lagi karena mata sudah tidak tahan berlama-lama depan komputer*

Terpaksa cari kacamata lama, dan ya salaaaaaam…. setelah setahun dianggurin, kacamatanya sudah hancur patah 3 dengan lensa yang sudah copot keluar. Tidak tau juga kenapa bisa sampai begitu….. (–..–)”

Mohon do’a nya agar mata saya segera pulih kembali guys!!🙂
Thankyou….

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s