An Unexpected Journey (*Season 2), Got Lost!

Pukul 16.30, saya meninggalkan farm house dan meneruskan perjalanan pulang. Beberapa kilometer ke depan, saya masih mengenali jalan dan masih merasa aman. Saya udah cape lihat si Waze dan memutuskan untuk mengikuti arus jalan besar yang mulai rame. Tapi… tunggu! Kenapa jalan ini kelihatan lebih rame ketimbang sebelum berangkat tadi?? Ini … perasaan sebelum berangkat jalannya gak seperti ini… dan tetiba jalanan semakin ramai. Dan saya tertegun melihat penunjuk arah di pinggir jalan menuliskan kata: Dago *tanda panah kanan*.

Saya membawa motor sambil narik nafas dalam. Lemes. Positif! Saya tersesat! I got lost in Bandung!

Saya mulai panik, tapi berusaha membawa motor setenang mungkin. Kalau sudah memasuki arena Kota Bandung begini, I have no idea!! Mana saya hapal jalan!!

Saya udah lelah dan gak percaya lagi sama si Waze. Saya gak berhenti, meneruskan perjalanan gak tentu arah. Beberapa spot saya seperti mengenali, namun gak yakin-yakin amat! OMG! Kalut, ini nih akibat ninggalin Feni! Saya lagi-lagi merasakan perasaan teramat bersalah kepada Feni.

Ini bukan pertama kalinya saya tersesat, saya pernah putar-putar gaje di daerah Pariaman pakai motor, mencari rumah keluarga pasien demi memenuhi tugas Home Visit siklus Keperawatan Jiwa. Tapi ketika itu saya berdua dengan Akak. Apa dan Ama gak ngebolehin saya nyari rumah pasien sendirian. Kemaren saya juga tersesat di Kota Bandung, tapi juga gak sendirian, berdua ama Feni. TAPI SEKARANG SAYA TERSESAT, PAKE MOTOR, DAN SENDIRIAAAAN!!! HUAAAAAA… Mending tersesatnya gak pakai motor, tinggal cari angkot ke terminal, trus pilih angkot balik ke penginapan. Fiuf! Kalau Apa dan Ama tau, udah sport jantung duluan beliau berdua di rumah. +..+)”

Mekanisme koping saya usahakan bekerja maksimal, saya gak mau larut dalam kepanikan! Saya gak boleh panik karena lagi bawa motor. Kalau nanti kecelakaan, orang-orang gak bakal ada yang ngenalin! Dan itu ngeriiii beut!

Pelan-pelan, saya buka lagi waze, tapi dengan jalur ketersesatan yang semakin panjang, dan jarak tempuh yang semakin jauh, saya gak bisa percaya 100% lagi dengan waze. Akhirnya saya balik ke cara manual! Tanya ke orang-orang di pinggir jalan! Malu bertanya, sesat di jalan! Saya betul-betul merasakan faedah peribahasa ini sekarang.

Awalnya saya menanyakan arah jalan ke Cimahi, tapi pertanyaan saya ini terlalu umum. Saya malah semakin tersesat ke kompleks perumahan warga, tersesat ke Politeknik Bandung yang seumur-umur cuma pernah saya dengar. Akhirnya saya menemukan temoat spesifik yang bisa dijadikan acuan untuk kembali ke Cisarua dengan selamat. PASAR ATAS! Bukan… bukan Pasar Atas Bukittinggi! Tapi Pasar Atas Cimahi. Di sana adalah spot yang paling saya kenali dan paling saya hapal jalannya untuk menuju ke Cisarua.

Setelah muter-muter gaje, dan ditunjukin jalan ke Pasar Atasnya, finally saya bisa bernafas lega ketika menemukan simpang Pasar Atas, yang salah satunya menuju ke Jalan Kolonel Masturi RSJ. Saya kembali berkendaraan dengan tenang sembari mengucapkan syukur. Ya… meskipun cemas dan panik, saya memiliki keyakinan bahwasanya saya akan kembali ke Penginapan, meski bagaimanapun caranya. Pukul 17.45, saya berhasil mencapai asrama, dengan selamat dan bahagia. Saya menceritakan ke Feni kisah perjalanan gila hari ini, yang berulang kali feni merasa shock dan tidak percaya bahwa saya telah menempuh perjalanan menyeramkan, padahal Feni pikir saya senang-senang aja di tempat-tempat wisata tersebut.

Tapi dengan adanya tragedi ini, saya bukannya kapok, malah makin semangat untuk hunting tempat-tempat lain di sekitar Cisarua-Lembang (*Jika waktunya cukup).

12924422_10207655972170583_7500800112242462462_n

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s