O R A N G E

image

Orange (2015), dorama Jepang yang berkisah tentang sekelompok remaja yang mendapatkan surat dari diri mereka sendiri 10 tahun di masa depan.

Surat itu berisi tentang penyesalan-penyesalan yang mereka alami dan meminta mereka yang 10 tahun lebih muda untuk memperbaikinya, terutama untuk menyelamatkan nyawa salah seorang teman mereka yang frustasi (Kakeru), yang  memutuskan untuk bunuh diri dengan cara menabrakkan sepeda yang dikendarainya ke truk di jalan karena ia mwrasa bersalah atas kematian ibunya.

Mereka ingin mengubah keadaan dan menghapus penyesalan mereka di masa depan, karena tidak bisa memberikan perhatian lebih kepada temannya tersebut. Mereka ingin menyelamatkan perasaan Kakeru muda yang penuh penyesalan, beban, dan frustasi.

Mereka percaya akan adanya dunia paralel yang memiliki kehidupannya sendiri dan berharap mereka yang berada di masa lampau bisa menjalani kehidupan masa depan yang lebih bahagia, tanpa ada penyesalan.

Surat-surat itu menceritakan kejadian yang mereka alami sekaligus order yang harus diri mereka sendiri di masa lampau lakukan untuk menghapus penyesalan tersebut.

Naho, Suwa, Azusa, Chino, dan Hagita kemudian saling bahu membahu untuk menciptakan kejadian yang lebih indah bersama Takaku. Mereka memberikan perhatian lebih, meyakinkan Takaku bahwa jika beban Takaku terlalu berat, mereka ada untuk bantu memikulnya.

Pada akhirnya, Kakeru (diperankan oleh Kento Yamazaki, pemeran L di serial Death Note), anak yang mengalami kesedihan emosional karena ditinggal mati oleh ibunya yang bunuh diri, memutuskan untuk mengubah takdirnya dan membatalkan niatnya untuk bunuh diri. Kenapa? Karena di sela-sela keinginan bunuh diri tersebut, muncul bayangan kenangan-kenangan indah yang ia ciptakan bersama teman-temanya. Ia ingin menciptakan lebih banyak kenangan indah bersama teman-temannya tersebut.

*****

Pertama, saya senang dengan dorama ini karena pemerannya lucu-lucu (*read: cakep-cakep) 😂😂😂😁😁😁:)☺😅, tertarik mendownload dorama ini-pun justru karena di poster ada si ‘L’ ini, dia mirip B.I iKon btw. 😁😚

Kedua, kisah ini tentang persahabatan remaja-remaji SMA yang lumayan bikin baper. Meski ada sisi romansanya, tapi dorama ini bersih dari adegan-adegan yang tidak boleh dilihat anak 15 tahun ke bawah.

Ketiga, rada agak kurang masuk di akal sih, bagaimana surat yang ditulis di masa depan bisa sampai di masa lampau. Karena ini bukan tipe drama fiksi science yang di masanya sudah ditemukan mesin waktu… Bukan, ini juga bukan seperti kisah Nobita dan Doraemon di Stand By Me. Dan memang tidak ada yang berubah di masa depan, meski Naho dkk sudah berhasil menggagalkan rencana bunuh diri tersebut. Di dorama ini hanya dikisahkan mereka yang di masa lampau akhirnya menjalani kehidupan dengan lebih bahagia selayaknya remaja seharusnya, dan mereka yang di masa depan akhirnya terlihat lebih bisa mengikhlaskan tanpa penyesalan.

Namun hikmah yang bisa diambil dari dorama ini adalah, lakukanlah apa yang hati kecilmu ingin lakukan. Jangan menunda, atau lari dari keinginan tersebut jika tidak ingin menyesal di masa depan.

Lebih sering menciptakan kenangan-kenangan yang indah dan membahagiakan bersama orang-orang yang kamu sayangi (*jangan malah sibuk ngerecokin hal yang tidak patut diurusi).

Komunikasi… Ya, inti dari problematika dorama ini menurur saya adalah Komunikasi. Ibu Kakeru yang kurang berkomunikasi dengan anaknya tentang keputusan-keputusan sepihak yang ia ambil sehingga membuat Kakeru frustasi. Padahal keputusan-keputusan tersebut adalah demi kebaikan Kakeru, dan sayangnya karena kurang komunikasi Kakeru jadi salah paham.
Naho yang ternyata diam-diam naksir Kakeru juga kurang komunikasi ketika mereka bertengkar (*sehingga Naho yang di masa depan meminta dirinya di masa lampau untuk tetap berbicara kepada Kakeru meski mereka sedang bertengkar).

Yaaah gitulah pokoknya, banyak hal yang kemudian berubah, banyak perasaan yang kemudian membaik karena dikomunikasikan. Sampai akhirnya Kakeru membatalkan niatnya bunuh diri, itu juga karena komunikasi dari teman-temannya yang menyatakan akan selalu mendampingi dia.

Ada satu dialog yang bikin terhenyak, yaitu ketika Kakeru nangis waktu dipaksa curhat oleh Naho: “Rasanya sangat menyakitkan, aku kehilangan alasan untuk hidup saat aku sendiri”.
Ck..ck..ck bagaimana rasanya tidak memiliki alasan untuk hidup. Maka, banyak-banyaklah memiliki impian, dan ingat alasan kita hidup sebagai manusia supaya tidak gampang frustasi dan melulu menyesali takdir.
👍👌✌.

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

10 Responses to O R A N G E

  1. assa says:

    Pas aku beberapa paragraph review uni, aku langsung streaming, setelah 20 menitan, capek, aku baca abis akhirnya review uni biar ga penasaran😀

    btw, tulisan uni sudah dirata tengah? di penulisan wp kan ada menu rata tengah biar lebih rapi uni. *saran🙂

    • Hahaha… Uni yg penggemar dorama Jepang aja nyaris kebosanan di menit2 awal. Dialognya juga seperti monoton *ala jepun beut* *kebiasaan nontkn korea yg emosional* tapi tengah sampe akhir bagus kok.

      Uni sukanya rata kiri kanan. Aneh aja kalau rata tengah dan bingung kenapa format WP yg sekarang gak ada justify nya lagi. Tp boleh deh ntar dicoba rata tengah 👌😁

      • assa says:

        Eh maaf unii,
        maksud Assa Justify, bukan rata tegah..
        maaf2..
        Maksudnya di WP sekarang ada Justifynya uni, (rata tengah yang Assa maksud justify, pantes uni jadi bingung :D)
        Cuma yang sekarang menu justifynya tersembunyi di menu toogled Advance di pojok kanan. (yang ada titik tiga buah)

        *ah semoga uni tidak merata tengahkan tulisannya, pasti biking bingung pembaca dan penulis😀😀

      • Hahahhha… Sip sip, uni kira emang rata tengah. Thankyou infonya… 🙏☺ nanti uni coba liat. Soalnya uni sering ngepost dari aplikasi WP di handphone

  2. Ami says:

    Ami nonton ini di pesawat kak, tapi nggak sampai ending, padahal tinggal dikit lagi…. pemerannya lucu2 (cute maksudnya) dan cukup mewakili versi manga-nya🙂

    • Oh ya… Pesawat kemana mii, enak banget bs sambil nontonin dorama hahaha…
      Iyaa kakak lihat karakter manga nya, memang terlihat cukup mirip dg aktor dan aktrisnya. Biasanya manga yg difilmkan rada-rada out of expectation sama aktornya hehehe 😁

      • Ami says:

        Ke Jakarta dan pas balik lagi ke Padang, Kak, pas waktu itu naik Garuda (syukurlah dapat tiket yang lumayan murah) jadi ada inflight entertainmentnya😀
        Iya, sering out of expectation😀 makanya fans manga banyak yang kecewa haha

      • Hihihi…itu kakak download di layarkaca21.tv
        Jadi penasaran pengen download death note versi serial doramanya gegara lihat dorama ini. Tp kalau webtoondingkat jadi drama, mmyan mirip sih 😁

  3. izzul047 says:

    nunggu versi animenya kluar😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s