Memahami

“Berbahagia” itu yang dirasakan oleh anak-anak ini ketika Bu KY mengumumkan Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Etik hari itu sistem open book. Boleh buka slide, buku, gadget, googling, even if you want to open your laptop! Silahkan. ASAL tidak sharing jawaban dengan teman. No cheating at all!! Do it by your self, with your own analysis. “Lagian gak ada gunanya juga kalian nyontek, kalau kalian tak paham soalnya apa yang mau dicontek? Mau tiga gadget yang ready kalau kalian gak tau mau diapakan soalnya tetap ga guna. Soal boleh dicoret-coret, mau dimaki-maki pun boleh.” Ujar Bu KY. 😂 *tabasuik galak ainun dek nyo buk. 😁

Tapi setelah melihat lembaran soal yang terdiri dari sebuah narasi satu setengah halaman dengan dua buah pertanyaan, semuanya langsung nge-jleb.
Krik.
Krik.
Krik.
Guys, ini gak ada jawabannya sama sekali di textbook atau slide!! Murni meminta pendapat dan analisa mahasiswa. Yasalaam. Slide tebal berakhir menjadi pengalas kertas ujian. Laptop yang udah ready body and soul terpaksa dianggurin.
.

Hahahha.. Sampai di titik ini, saya semakin menyadari, ilmu itu bukan buat hapalan, tetapi untuk pemahaman, untuk membuat diri kita semakin bijaksana.

#NB , foto diambil sebelum masuk kelas. Tidak setegang biasanya, taraf kegugupan masih wajar sehingga kita masih bisa wefie-an. 😁

View on Path

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s