#NulisRandom2017 D-16 ‘FAQ’

pict by: @dinar.safitri

Adakalanya, di atas dunia yang fana ini kita tak perlu terlalu mendengarkan apa yang orang-orang katakan, dan apa yang orang tanyakan. Ada banyak spekulasi dan motif dari sekian banyak pernyataan dan pertanyaan itu. Mungkin hanya sekedar basa basi busuk, mungkin karena rasa ingin tahu yang terlalu tinggi, mungkin karena prihatin, merasa lebih maju beberapa langkah, atau memang karena tulus bertanya, namun tidak sedikit juga yang menjadikannya objek olok-olokkan.

Kata seorang sahabat, jika kamu hidup di dunia hanya untuk menggubris apa yang orang katakan dan pikirkan, kamu tidak akan bisa hidup dengan baik, atau lebih baik tidak usah hidup sama sekali. 

Meskipun hal tersebut hanya sekedar bertanya, ada baiknya jika terlebih dahulu menilik apa motivasi dan faedah dari pertanyaan tersebut. Karena ada begitu banyak pertanyaan yang kadang sudah melewati batas privasi seseorang. Selalu jangan lupa untuk menerapkan sifat empati. Yaitu memposisikan diri sebagai orang lain, sehingga bisa merasakan apa yang orang tersebut alami. Kecuali kamu sudah ditunjuk sebagai orang yang akan dicurhati dan dipercaya untuk mendengar segala bentuk keluh kesah. 

Hal yang paling mengeherankan adalah, di antara banyaknya list pertanyaan tersebut, tipe jawabannya adalah sesuatu yang belum pasti dan tidak bisa diterka probabilitas waktu kejadiaannya di masa depan. Mereka yang bertanya seperti haus akan jawaban yang bahkan yang ditanyaipun kadang tidak tahu jawaban apa yang akan diberikan. Bahkan mereka tidak menyediakan option berganda untuk bisa menebak jawabannya. 

Untuk itu, sekali-sekali menjad pekalah! Empatilah! Kita sama-sama tidak tahu, dan kita sama-sama menunggu. Ketimbang mengajukan pertanyaan, memberikan pesan, “Kalau ada kabar bagus jangan lupa dishare ya, saya doakan semoga sukses”, mungkin mengandung nilai faedah yang lebih tinggi.  

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s