Mahasiswa

Ini adalah keterlibatan sebagai panitia penyambutan mahasiswa baru kesekian. Bahkan ketika bekerja sebagai pengajar-pun, tugas tambahan saya lainnya adalah mengkoordinir pengurus BEM yang menjadi panitia acara.

Dan bukan kali pertama sebagai panitia harus menghadapi maba yang notabene adalah Bapak/Ibu, kakak/abang yang baik secara usia maupun pengalamannya jauh di atas kami (sejak S1 pun begitu). . Namun prinsipnya tetap sama: do not harm, do not bully, lakukan dengan penuh keramah tamahan, layaknya menyambut anggota keluarga baru.

Meskipun, faktanya… Selama berinteraksi dengan mahasiswa baru *yang tidak bisa diperlakukan layaknya maba di Fakultas lain, mungkin terdapat miskomunikasi, ketidakpas-an dalam berinteraksi, less of attitude yang panitia dapatkan dari Maba yang jauh berpengalaman secara profesi daripada senior di kampus barunya tersebut.

Tapi, tetap saja… Lakukanlah dengan baik, berinteraksilah dengan baik, kepada siapapun. Tanpa melihat apakah mereka usianya jauh di bawahmu, meskipun secara tahun mereka masih juniormu. Setinggi apapun jabatanmu, sepanjang apapun gelarmu! Karena Allah yang Maha Esa memerintahkan begitu. 😊 Ya, Ajaran tentang kebaikan dan kasih sayang sudah begitu berulang kali Ia pesankan di dalam Al Qur’an.

Bagaimanapun, dan siapapun dia, ajarkan menjadi baik dengan cara ketauladanan. Bukan dengan interaksi yang sama buruknya.

***

Terimakasih kepada tim panitia yang kece badai, yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk terlibat dalam kepanitiaan ini. Dengan penuh keramahan, kesabaran, senyuman, baik hati, dan rajin membantu Maba, bersedia menjawab semua pertanyaan maba dg baik dan sopan, yang dengan senang hati secara bergantian menjaga bayi gendut usia 3 bulan ini 😊 (*yang ikut Emaknya ngampus), I’m so proud of you all. . Maafkan atas ketidaksabaran dan ketidakbertenangan saya dalam mengkoordinir acara, termasuk instruksi-instruksi yang kadangkala mengandung emosional di dalamnya. Begitu banyak pelajaran yang saya petik dari agenda ini, begitupun harapannya dengan teman-teman.

Sampai berjumpa di kepanitiaan berikutnya gaes! 😊

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s