Perawat dan IT

Keseruan hari ini!
Pameran Prototype mata kuliah SIM (Sistem Informasi Manajemen) yang sekaligus merupakan UAS (Ujian Akhir Semester) terakhir kita untuk program Magister ini. Yeay! (*bersiap-siap untuk aplikasi, tesis, dan residensi).
.
Jadi, untuk UAS *yang tidak berbentuk ujian tulis ini, mahasiswa dituntut untuk bisa merancang suatu sistem, prototype berbasis IT (komputer/android, and stuff like that).
.
Memang perawat tidak akan dituntut untuk menjadi programmer (udahlah ya, perawat jangan ambil alih kerjaan profesi lain lagi 😅), namun dituntut untuk bisa berperan sebagai Analis Sistem, yaitu orang yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan user (usernya bs perawat, pasien, masyarakat, dll).
.
Jadi kenapa sih ilmu keperawatan tampak harus di-IT-kan begini? Yaa, demi menjawab tantangan kebutuhan jaman now, dimana semuanya seperti menuntut keefektifan dan keefisienan kinerja, dan sistem Teknologi Informasi adalah salah satu jawabannya. Ditambah fakta bahwa masyarakat kita sudah mulai melek dg teknologi, sudah banyak yang memiliki telepon pintar dan merupakan user aktif di socmed. Sudah saatnya drama dunia kesehatan yg sistemnya sudah riweuh ini disederhanakan.
.
Segampang itu?
Tentu tidak. Yang jelas kita harus ‘moving on’ dan mencoba.
.
Prototype yang dirancang belum terbukti secara legal etik, harus melewati tahapan uji riset tentunya. Namun, setidaknya teman2 sudah menggunakan dasar keilmuan yang bersumber jelas seperti jurnal, penelitian, dan evidence based practice nursing tentunya. Siapa tau kelak bisa di’disertasikan’.😊
.
Tapiii….#sedikit catatan kuliah SIM dari Bu Roro: Apapun bisa digantikan oleh robot (komputer), namun tidak dengan “caring”. 😊
.
Jadi, sehebat apapun sistem input data/rekam medis, atau aplikasi pendidikan kesehatan, robot yang bisa menggantikan untuk merawat pasien, tetaplah seorang perawat harus menghadirkan dirinya sendiri untuk mentransfer ‘caring’ (Teknologi tidak boleh merebut ini).
.
Berikut cuplikan beberapa prototype yang dirancang teman2 di berbagai spesialisasi keperawatan: Maternitas, Komunitas, Anak, Jiwa, Medikal Bedah, & Manajemen.

Terus ini Prototype yang saya dan kelompok rancang… hehehhe

Advertisements

About ainicahayamata

Nursing Lecturer who falling in love with words and Arts| Blogger | Maternity Nursing Specialist Candidate | twitter: @aini_cahayamata| Belajar Mengendalikan kata dalam tulisan|
Gallery | This entry was posted in Cuap-Cuap Aini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s